Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan media kartu gambar dan kata untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK PKK Dewi Sartika 01 Balerejo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar oleh Diah Asmoro Asih
PenulisAsih, Diah Asmoro
Pembimbing1. MUSA SUKARDI ; 2. HADI MUSTOFA
Penerbitan2011, S1 Program Studi PG PAUD.
Subyek1. ANAK (TAMAN KANAK-KANAK), BAHASA - KEMAMPUAN
2. ANAK (TAMAN KANAK-KANAK), BAHASA - MEDIA PEMBELAJARAN
LabelRs 372.4 ASI p
Abstrak

Kata kunci : Kemampuan Berbahasa, media kartu gambar,TK

Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya kemampuan berbahasa anak.



Hal ini terjadi adalah karena guru tidak ada alat peraga,kurang bervariasinya penggunaan metode mengajar, sehingga menyebabkan anak kurang senang atau menjadi enggan bahkan ramai sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mendeskripsikan penggunaan media kartu gambar dan kata yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak dan ( 2).mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui penggunaan media kartu gambar dan kata pada anak kelompok B di TK PKK Dewi Sartika Balerejo 01 Kec.Wlingi Kab.Blitar .

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian, tindakan kelas dengan 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, subyek penelitian, instrumen juga menggunakan analisis data. Penelitian di lakukan pada tanggal 23 Mei 2011 sampai dengan 1 Juni 2011.Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi kegiatan anak dan unjuk kerja, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas dengan menggunakan media kartu gambar dan kata dalam kegiatan pembelajaran terbukti dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak TK.Pada siklus I Kemampuan rata rata anak mencapai 67,96 % meningkat menjadi 88,28125 % pada siklus II. Peningkatan ditandai dengan meningkatnya kemampuan bahasa melalui menirukan urutan 4-5 urutan kata dan menghubungkan tulisan dengan simbol yang melambangkannya.

Disarankan bahwa dalam pembelajaran untuk meningkatkan bahasa anak dapat menggunakan media kartu gambar dan kata. Untuk penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan masalah lain yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bidang pengembangan selain bidang kemampuan bahasa , yaitu seni,kognitif dan fisik motorik .








P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.