Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulMeningkatkan ekspresi gerak anak dengan metode demonstrasi pada pembelajaran tari kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Pasuruan oleh Ayu Asmah
PenulisAsmah, Ayu
Pembimbing1. USEP KUSTIAWAN ; 2. SURYADI
Penerbitan2011, S1 Program Studi S1 PG PAUD.
Subyek1. TARI (TAMAN KANAK-KANAK) - PEMBELAJARAN MODEL DEMONSTRASI
LabelRs 372.863044 ASM m
Abstrak

Kata Kunci: Ekspresi Gerak, Metode Demonstrasi, Pembelajaran Tari.





Pengembangan potensi anak dalam seni tari selama ini hanya sekedar sebagai hiasan pengembangan kreatifitas, anak hanya berperan sebagai obyek dan tidak mendapatkan kesempatan untuk menjadi subyek. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Pasuruan dalam kegiatan pengembangan gerak melalui menari masih kurang optimal terutama pada ekspresi gerak. Jumlah 15 anak didik menunjukkan hanya sekitar 20% dapat mengekspresikan gerak dalam menari dan 80% menunjukkan masih kurangnya kemampuan mengekspresikan gerak dalam menari. Mengatasi masalah tersebut, maka peneliti memilih metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan mengekspresikan gerak dalam menari menggunakan metode demonstrasi.

Tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran tari dengan metode demonstrasi dalam rangka meningkatkan ekspresi gerak anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Pasuruan, 2) Mendeskripsikan peningkatan ekspresi gerak dengan metode demonstrasi pada pembelajaran tari anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Pasuruan.

Penelitian dirancang dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada semester 2, subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Negeri Pembina Kabupaten Pasuruan,.Penelitian dilakukan pada bulan Januari Pebruari 2011. Terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pra tindakan sebesar 52%, tindakan siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan ekspresi gerak sejumlah 11% dengan skor rata-rata sebesar 63%, selanjutnya pada tindakan siklus II mengalami peningkatan sejumlah 17% dengan skor rata-rata sebesar 80%.

Kesimpulan penelitian adalah bahwa metode demonstrasi merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan ekspresi gerak anak dalam menari anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kabupaten Pasuruan. Sebagai upaya untuk meningkatkan ekspresi gerak anak dalam menari melalui metode demonstrasi disarankan kepada guru untuk memberikan pembelajaran yang kreatif, materi yang menarik minat anak untuk menari, dan menempatkan anak didik sebagai subyek.




P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.