Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model belajar investigasi kelompok (group investigation) untuk meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Soso 03 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar oleh Nining Ramadani Apriliana
PenulisApriliana, Nining Ramadani
Pembimbing1. Heru Agus Triwidjaja 2. Endro Wahyuno
Penerbitan2011, S1 Program Studi PGSD.
Subyek1 SAINS (PENDIDIKAN DASAR) - PEMBELAJARAN INVESTIGASI
LabelRs 372.35044 APR p
Abstrak

Kata Kunci : Investigasi Kelompok (Group Investigation), Pembelajaran, IPA, SD





Dalam proses belajar, siswa belajar dari pengalaman sendiri mencari pengetahuan kemudian memberi makna pada pengetahuan itu melalui proses belajar dengan mengalami sendiri, menemukan sendiri, secara berkelompok seperti bermain, maka siswa menjadi senang, sehingga tumbuhlah minat untuk belajar, khususnya belajar IPA. Dalam observasi awal ditemukan bahwa siswa kelas V SDN Soso 03 hasil belajar dan aktivitas siswa dalam belajar dan berkelompok masih rendah, keegoisan dalam memilih kelompok masih tinggi, komunikasi antar anak laki-laki dengan perempuan sangat rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok pada siswa kelas V SDN Soso 03; (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Soso 03 dalam belajar IPA menggunakan model GI; (3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Soso 03 dalam belajar IPA menggunakan model GI.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis & Taggart. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan & observasi, refleksi dan rencana perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Soso 03 Kec. Gandusari Kab. Blitar dengan jumlah siswa 25 anak. Intrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan pada siklus I rata-rata penerapan model pembelajaran GI diperoleh 76%. Pada siklus II meningkat menjadi 83,6% kenaikan dari siklus I ke siklus II pada penerapan pembelajaran IPA dengan model GI sebesar 7,6%. Aktivitas pada siklus I rata-rata klasikal yang didapat yaitu 53,5 aktivitas siswa meningkat pada siklus II yang mendapatkan rata-rata klasikal 70,5. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I meningkat, dari rata-rata 57,5 menjadi 70,5 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pembelajaran IPA secara bertahap pada siswa kelas V SDN Soso 03 Kec. Gandusari Kab. Blitar

Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan penerapan pembelajaran dengan model belajar GI meningkat. Penulis memberikan saran agar dpat dipertimbangkan penerapan model pembelajaran GI sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.






P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas