Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Malang oleh Wulan Silviani
PenulisSilviani, Wulan
Pembimbing1. ASKURY ; 2. IMAM SUPENO
Penerbitan2011, S1 Program Studi Pendidikan Matematika.
Subyek1. MATEMATIKA - MOTIVASI BELAJAR
2. MATEMATIKA - BELAJAR, AKTIVITAS
3. MATEMATIKA - PEMBELAJARAN KUANTUM
LabelRs 510.712 SIL p
Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan dan dialog dengan guru matematika SMP Negeri 7 Malang, diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran matematika di kelas. Banyak siswa yang kurang bersemangat ketika pelajaran berlangsung, kemauan untuk berusaha dan bertanya bila ada tugas maupun soal yang sulit juga kurang, banyak siswa yang merasa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan berhubungan dengan banyak rumus sehingga sulit untuk dimengerti. Hal ini dikarenakan kecenderungan guru menyajikan materi secara final, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan. Dari beberapa permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini diterapkan model Quantum Teaching dengan harapan dapat menjadikan belajar matematika lebih bermakna dan menyenangkan. Sehingga dapat membuat siswa termotivasi untuk terlibat secara aktif selama proses pembelajaran matematika di kelas dengan interaksi antara guru dan siswa terjalin dengan baik. Penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Quantum Teaching untuk melihat motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang terdiri dari 43 siswa.



Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2011. Data yang diambil adalah data motivasi belajar yang diperoleh melalui angket/kuisioner dan data aktivitas belajar melalui observasi selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar matematika siswa. Peningkatan ini ditunjukkan dari data hasil angket motivasi siswa sebelum dan setelah diberi tindakan. Skor rata-rata motivasi awal siswa sebelum diberi tindakan sebesar 2,88 dan setelah diberi tindakan pada siklus I 3,48, siklus II 3,74. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 63,28% dan siklus II 82,03%. Dengan demikian pembelajaran Quantum Teaching dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematika.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas