Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian (Studi pada Konsumen Rokok Gudang Garam Internasional di Kota Malang) oleh Achmad Rochim
PenulisRochim, Achmad
Pembimbing1. SOPIAH ; 2. ITA PRIHATINING WILUJENG
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Program Studi Manajemen. 2011
Subyek1. KONSUMEN - KEPUTUSAN MEMBELI
LabelRs 658.8343 ROC p
Abstrak

Kata kunci: FaktorPsikologis, KeputusanPembelian.





Pada dasarnya, tiap perusahaan memiliki niatan dan tujuan untuk bisa meraih konsumen sebanyak-banyaknya. Dunia persaingansaatini, banyakprodusenterusberupayauntukberinovasidalampengembanganproduknya. Salah satu rokok yang terkemuka di Indonesia adalahrokok Gudang Garam International yang di produksioleh PT Gudang Garam Tbk. Persaingan yang kian ketat diantaraprodusenrokok sejenis dan ditambah dengan adanya kebijakan dari pemerintah berupa himbauan mengenai bahaya merokok, menuntut PT Gudang Garam Tbk untukmenganalisisperilakukeputusanpembeliankonsumen.

Masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) bagaimana deskripsi faktorpsikologis(meliputi: motivasi, persepsi, pembelajaran, serta keyakinan dan sikap), (2) bagaimana deskripsi keputusanpembelian konsumenrokok Gudang Garam International,(3) apakah faktorpsikologis(motivasi, persepsi, pembelajaran, serta keyakinan dan sikap) berpengaruh secara parsialterhadapkeputusanpembelian konsumenrokok Gudang Garam International, (4) apakahfaktorpsikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran, serta keyakinan dan sikap)berpengaruh secara simultan terhadapkeputusanpembelian konsumenrokok Gudang Garam International. Variabel bebas dalam penelitianini terdiri dari motivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran (X3), keyakinan dan sikap (X4)sertavariabel terikatnya adalah keputusanpembelian(Y).

Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif dan kausalitas. Populasi dalampenelitian ini adalah konsumen rokok Gudang Garam International di Kota Malang. Penentuan sampel menggunakan rumus infinite populationdengan menggunakan α = 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak138 responden.Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan accidentalsamplinguntuk menyebarkan kuesioner kepada responden.Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap terhadap keputusan pembelian konsumen rokok Gudang Garam International di Kota Malang tergolong cukup baik, (2) motivasi tidak berpengaruh secara positif yang signifikan terhadapkeputusanpembelian rokok Gudang Garam International, (3) persepsi berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap keputusanpembelian rokok Gudang Garam International, (4) pembelajaran berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap keputusanpembelian rokok Gudang Garam International, (5) keyakinan dan sikap berpengaruh secara positif yang signifikan terhadap keputusanpembelian rokok Gudang Garam International,dan (6) faktorpsikologis secara simultan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusanpembelian rokok Gudang Garam International.

Saran dalam penelitian ini adalah: (1) konsumen rokok Gudang Garam International banyak tersebar di seluruh Indonesia khususnya di Kota Malang, oleh karena itu produsen harus bisa menjaga dan mempertahankan kualitasproduknya. (2)produsenrokok Gudang Garam International harus tetapmenjaga faktorpsikologis yang telah dimiliki konsumennya termasukkonsumen rokok Gudang Garam International di Kota Malang, agar keputusanpembelian tetap terjaga sehingga meminimalkan kemungkinan konsumen berpindah ke merek lain. (3) untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk menambah jumlah variabel selain variabel dalam penelitian ini, seperti atribut produk dan kepercayaan konsumen.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas