Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan metode pembelajaran bermain peran ( Role playing ) untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa ips kelas IV di MI Miftahul Ulum 02 Curah Dukuh Kraton Pasuruan oleh Robi'atul Adawiah
PenulisAdawiyah, Rob'iatul
Pembimbing1. MURTININGSIH ; 2. I WAYAN SUTAMA
Penerbitan2011, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL - PRESTASI BELAJAR
LabelRs 372.83044 ADA p
Abstrak

Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Pembelajaran, IPS, SD.





Berdasarkan hasil observasi awal tanggal 20 Januari 2011 di kelas IV MI Miftahul Ulum 02 Curah Dukuh Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan terlihat bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru, yaitu pembelajaran yang kurang berorientasi pada siswa. Siswa hanya mendengarkan, mencatat dan melakukan kegiatan sesuai perintah guru yang menyebabkan siswa pasif dan tidak mempunyai kesempatan untuk mengembangkan kecakapan berfikir. Sehingga hasil evalusasi siswa kurang baik, yaitu tidak mencapai standar ketuntasan mata pelajaran IPS yang ditetapkan di MI Miftahul Ulum 02 yaitu 70, hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru setempat yang hasil evaluasinya yaitu 58,89.

Penelitian ini mendeskripsikan: (1) bagaimana pelaksanaan metode bermain peran dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kepahlawan dan patriotisme, (2) peningkatan aktifitas siswa setelah menerapkan metode bermain peran pada siswa kelas IV mata pelajaran IPS, (3) peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode bermain peran pada siswa kelas IV mata pelajaran IPS.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) langkah-langkahnya diadopsi dari model Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Pasuruan sebanyak 18 siswa. Sedangkan instumen yang digunakan adalah kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci, lembar observasi, soal test tulis dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 02 Pasuruan. Hal ini terjadi karena guru telah menerapkan model pembelajaran role playing sesuai dengan tahap-tahap dalam metode tersebut. Untuk aktifitas siswa pada siklus I menunjukkan nilai (73,33) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (76,11). Nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mulai dari sebelum dilakukannya tindakan (58,89), dilakunnya tindakan pada siklus I (75,0), selanjutnya tindakan pada siklus II (78,89).

Peneliti penyimpulkan pembelajaran dengan menggunakan role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdsarkan hasil penelitian disarankan dalam melaksanaakan pembelajaran seorang guru harus mengetahui dengan jelas seperti apa langkah-langkah model pembelajarannya, model tersebut apakah dapat mengingkatkan keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa.




P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas