Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga kelas X SMA Negeri 7 Malang oleh Anastasia Putri Andini
PenulisAndini, Anastasia Putri
Pembimbing1. SWASONO RAHARDJO ; 2. ANING WIDA YANTI
PenerbitanSkripsi (Sarjana)--Universitas Negeri Malang, S1 Jurusan Matematika. 2011
Subyek1. GEOMETRI - PRESTASI BELAJAR
2. DIMENSI TIGA - PRESTASI BELAJAR
3. DIMENSI TIGA - PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NHT (NUMBER HEADS TOGETHER)
LabelRs 516.15607 AND p
Abstrak

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together), Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar





Berdasarkan wawancara dengan guru kelas X di SMA Negeri 7 Malang, materi kelas X semester genap yang sulit untuk ditangkap oleh siswa kelas X adalah materi dimensi tiga, karena siswa kelas X tergolong siswa peralihan dari daya pikir konkrit menuju daya pikir secara abstrak. Jika pada SMP mereka menggunakan benda bangun ruang secara konkrit maka di SMA mereka sudah harus membayangkan secara abstrak. Oleh karena itu, nilai pada materi dimensi tiga lebih sulit mencapai standar ketuntasan minimal (SKM). Hal ini disebabkan karena siswa kurang menguasai konsep karena harus menggunakan daya imajinasi.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas X-9 SMA Negeri 7 Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together)-inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei 2011. Data penelitian berupa hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I, terdapat 13 siswa (39, 39 %) yang memenuhi SKM dari 33 siswa, sedangkan pada siklus II terdapat 26 siswa (72, 22 %) yang memenuhi SKM dari 36 siswa. Dengan demikian hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 32, 83 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together)-inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-9 SMA Negeri 7 Malang pada materi dimensi tiga.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas