Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak kelompokB TK. Dharma Wanita Persatuan I Warungdowo Pohjentrek Pasuruan oleh Futikah
PenulisFutikah
Pembimbing1. WIWIK DWI HASTUTI ; 2. PRAMONO
Penerbitan2011, S1 Program Studi S1 PG PAUD.
Subyek1. ANAK - MEMBACA - MEDIA PEMBELAJARAN
LabelRs 372.412 FUT p
Abstrak

Kata Kunci : Kemampuan membaca awal anak, media gambar TK





Usia 4-6 tahun merupakan masa peka bagi anak. Masa ini merupakan masa meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan beberapa kemampuan, salah satunya kemampuan membaca awal anak. Berdasarkan hasil peneliti ini berlatar belakang kuruangnya kemampuan membaca awal kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan I Warungdowo Pohjentrek Pasuruan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran membaca masih menerapkan cara membaca seperti di SD, juga disebabkan kurangnya media yang digunakan dalam pembelajaran membaca sehingga anak merasa bosan dan kurang berminat terhadap pembelajaran membaca. Dan hasilnya kurang optimal.



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak dan mengetahui peningkatan kemampuan membaca awal anak yang dengan menggunakan media gambar di TK Dharma Wanita Persatuan I Warungdowo Pohjentrek Pasuruan. Subjek penelitian 20 anak yang terdiri dari 16 anak laki-laki dan 10 anak perempuan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 4 rakapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi data yaitu persentase.



Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca awal anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan I Warungdowo Pohjentrek Pasuruan. Sebelum tindakkan dari 20 anak hanya 3 anak (15%) yang dapat meningkatkan kemampuan membaca awalnya. Pada siklus I nilai rata-rata adalah 64,65 dengan keberhasilan belajar 60% dan meningkat menjadi 95% dengan nilai rata-rata 80,8 pada siklus II.



Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca awal anak. Dalam pembelajaran tersebut diharapkan guru mengadakan media yang bervariasi diantaranya media gambar yang bisa menarik perhatian anak. Bagi lembaga harap menyediakan sarana dan prasarana serta media yang dibutuhkan agar pembelajaran di sekolah lebih optimal.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.