Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi PT. Bentoel Malang oleh Dita Perpitasari
PenulisPerpitasari, Dita
Pembimbing1. BUDI EKO SOETJIPTO ; 2. I NYOMAN SAPUTRA
Penerbitan2011, S1 Jurusan Manajemen.
Subyek1. KARYAWAN, KINERJA
2. KESELAMATAN KERJA
LabelRs 658.314 PER p
Abstrak

Kata Kunci: Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Kinerja Karyawan.





Program keselamatan dan kesehatan kerja sangat bermanfaat bagi perusahaan maupun karyawan, baik masa sekarang maupun masa yang akan dating dan diharapkan dapat memberi pengaruh dalam hal kemampuan untuk mempertahankan kepuasan tenaga kerja sehingga akan mendorong mereka untuk bekerja dengan baik dan berhasil dalam arti kualitas maupun kuantitas. Pada perusahaan dalam melakukan usaha tersebut dengan jalan menyediakan fasilitas maupun sarana untuk menjamin keselamatan kerja maupun kesehatan kerja karyawannya yang berupa penyediaan fasilitas keamanan kerja yang memadai, selain itu dengan membuat peraturan ataupun himbauan mengenai pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja dalam perusahaan sangat diperlukan untuk memberikan bimbingan bagi karyawan dalam lingkungan kerja yang aman dan nyaman, hal ini mendukung tercapainya tujuan bersama.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi keselamatan dan kesehatan kerja, serta kinerja karyawan PT. Bentoel Malang dan untuk mengetahui pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan PT. Bentoel Malang. Sampel yang digunakan berjumlah 153 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS 15 for Windows.

Berdasarkan analisis deskriptif dapat diketahui kondisi keselamatan kerja, kesehatan kerja dan kinerja karyawan yaitu sebagai berikut: 1) Program keselamatan kerja PT. Bentoel Malang sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perusahaan. 2) Program kesehatan kerja di PT. Bentoel Malang sudah berjalan dengan baik. 3) Karyawan PT. Bentoel Malang memiliki kinerja karyawan yang tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan. Berdasarkan hasil analisis linier berganda secara parsial (uji t) dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan keselamatan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Bentoel Malang, 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan kesehatan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Bentoel Malang. 3) Keselamatan dan kesehatan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bentoel Malang.

Sehubungan dengan hal tersebut, hendaknya perusahaan melaksanakan dengan sepenuhnya syarat-syarat keselamatan dan kesehatan kerja terutama penambahan sarana kerja yang belum memadai, dan menerapkan disiplin kerja bagi pekerja, melakukan pengawasan yang ketat karena keselamatan dan kesehatan kerja bertujuan pula menyelamatkan kelangsungan proses produksi. Hendaknya perusahaan lebih memperhatikan faktor keselamatan dan kesehatan kerja dalam lingkungan perusahaannya sehingga karyawan akan lebih termotivasi untuk lebih berprestasi dalam bekerja.




P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas