Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model pakem untuk meningkatkan hasil blajar keliling dan luas bangun datar segitiga pada siswa kelas IV SDN Karangtengah I kota Blitar oleh Agustina Rahayu
PenulisRahayu, Agustina
Pembimbing1. SUNYOTO ; 2. LILIK BINTARTIK
Penerbitan2011, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. SEGITIGA (PENDIDIKAN DASAR) - PRESTASI BELAJAR
2. SEGITIGA (PENDIDIKAN DASAR) - PEMBELAJARAN MODEL PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN)
LabelRs 372.716044 RAH p
Abstrak

Kata Kunci: hasil belajar, keliling segitiga, luas segitiga, Segitiga dan Model PAKEM.





Hasil pengamatan di SDN Karangtengah I tentang proses pembelajaran matematika di SDN Karangtengah I Kota Blitar masih menggunakan pendekatan tradisional. Guru secara aktif mengajarkan matematika dengan memberikan rumus untuk dihafalkan, kemudian memberikan contoh dan latihan. Kegiatan yang dilakukan siswa hanya duduk, mendengar, mencatat, dan mengerjakan latihan yang diberikan oleh guru. Akibatnya pemahaman siswa akan materi keliling dan luas bangun datar segitiga ini belum seperti yang diharapkan. Salah satu penyebabnya adalah siswa hanya menghafalkan rumus dari bangun datar segitiga tanpa mengetahui dari mana proses menemukan rumus itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model PAKEM untuk meningkatkan hasil belajar matematika keliling dan luas bangun datar segitiga. (2) Mendeskripsikan hasil belajar matematika keliling dan luas bangun datar dengan menggunakan model PAKEM.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas IV SDN Karangtengah I Kota Blitar dengan jumlah siswa 49 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) lembar observasi keterlaksanaan PAKEM, (2) lembar observasi aktivitas siswa, (3) tes hasil belajar, (4) catatan lapangan. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian menunjukkan (1) keterlaksanaan model PAKEM pada siklus II mencapai peningkatan 89% dengan kategori sangat baik. (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan 58% dari 31% menjadi 89%

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model PAKEM dapat meningkatkan pembelajaran matematika keliling dan luas bangun datar SDN Karangtengah I Kota Blitar. Disarankan untuk guru matematika menggunakan model PAKEM pada pembelajaran matematika materi yang lain.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas