Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulMeningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B DI BA Restu Malang melalui sirkuit pintar oleh Nurul Aini
PenulisAini, Nurul
Pembimbing1. KENTAR BUDHOJO ; 2. PRAMONO
Penerbitan2011, S1 Program Studi S1 PG PAUD.
Subyek1. BERHITUNG, KEMAMPUAN
2. BERHITUNG - METODE PEMBELAJARAN
LabelRs 372.72044 AIN m
Abstrak

Kata Kunci: kemampuan berhitung, bermain, Sirkuit Pintar







Taman kanak-kanak adalah tempat bermain dan belajar. Taman kanak-kanak harus menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak. Dari hasil observasi rendahnya kemampuan berhitung anak sering disebabkan guru kurang tepat dalam pemilihan cara dan media dalam membelajarkan anak. Anak-anak diajar dengan cara yang tidak menyenangkan serta tidak memperhatikan prinsip belajar anak usia dini.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk:(1)Mendeskripsikan bagaimana meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B di BA Restu 1 Malang melalui Sirkuit Pintar, (2)Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B di BA Restu Malang melalui Sirkuit Pintar.

Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 24 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Tempat penelitian ini di BA Restu 1 Malang Jl. Bandung 7D Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi kegiatan anak dan format penilaian kemampuan anak. Teknik analisis signifikansi dengan menggunakan rumus rata-rata (mean).

Peningkatan kemampuan berhitung sebelum penelitian (pra penelitian) dan sesudah penelitian (Siklus II) pada indikator membilang/menyebut urutan bilangan 1-10 peningkatan sebesar 38%, indikator membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda) sampai 10 mengalami peningkatan sebesar 37% dan indikator memasangkan /menghubungkan lambang bilangan dengan benda sampai 10 mengalami peningkatan sebesar 25%. Sedangkan rata-rata kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan sebesar 33%. Dengan peningkatan persentase yang signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan Bermain Sirkuit Pintar dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B.

Penelitian ini dapat memberikan alternatif strategi pembelajaran terutama guru TK kelompok B untuk dapat melaksanakan pembelajaran berhitung melalui kegiatan Sirkuit Pintar. Bagi peneliti lain disarankan untuk lebih inovatif dengan jalan menambah variasi pada permainan Sirkuit Pintar agar anak tidak bosan dengan kegiatan yang sama dan dapat mengembangkan kemampuan lainnya.






P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.