Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode bermain cari dan eja untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini pada kelompok A TK Tunas Mulia Wagir Malang oleh Ros Shinta Sari
PenulisSari, Ros Shinta
Pembimbing1. KENTAR BUDHOJO ; 2. WURI ASTUTI
Penerbitan2011, S1 Program Studi S1 PG PAUD.
Subyek1. PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
2. ANAK - BAHASA, KEMAMPUAN
LabelRs 372.4 SAR p
Abstrak

Kata Kunci : Metode Bermain, Cari Dan Eja, Berbahasa





Penelitian ini berdasarkan latar belakang rendahnya kemampuan berbahasa anak di kelompok A TK Tunas Mulia Wagir Malang. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya kemampuan anak dalam mengenal huruf, serta kurangnya kemampuan anak dalam mengeja huruf. Penerapan metode bermain cari dan eja didasarkan pada upaya guru atau orang tua untuk membantu mengembangkan kemampuan tahap pertumbuhan dan perkembangan berbahasa anak.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan proses penerapan metode bermain cari dan eja untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada kelompok A TK Tunas Mulia Wagir Malang. 2). Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui penerapan metode bermain cari dan eja pada kelompok A TK Tunas Mulia Wagir Malang.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Satu siklus terdiri dari 2 pertemuan 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Tunas Mulia Wagir Malang sebanyak 12 anak. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian hasil observasi, penilaian unjuk kerja. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, dokumentasi, penugasan. Teknik analisis data dengan menggunakan pengolahan data dan persentase kenaikan.

Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode bermain cari dan eja pada kelompok A TK Tunas Mulia Wagir Malang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak, terbukti dari hasil observasi sebagai teknik analisis data menggunakan kriteria keberhasilan menggunakan perhitungan nilai yang diperoleh anak dengan rata-rata nilai setiap komponen pada siklus I pertemuan pertama yaitu 47,9% dengan kategori C pada siklus I pertemuan kedua mencapai 72,8% dengan kategori B dan pada siklus II meningkat yaitu 80,5%.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu penerepan metode bermain cari dan eja dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Hal ini terbukti dari hasil analisis data dengan kategori B kualitas baik mencapai 80,5%. Saran dari peneliti yaitu agar para guru dapat menerapkan metode pembelajaran ini berdasarkan kekurangan dari peneliti dan di harapkan menggunakan media yang lebih bagus serta pemilihan kata yang tidak sulit untuk anak kelompok A dalam bermain cari dan eja.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.