Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPemanfaatan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SDIT Insan Permata Malang oleh Sri Handayani
PenulisHandayani, Sri
Pembimbing1. THOHA A.R. ; 2. USEP KUSTIAWAN
Penerbitan2011, S1 Program Studi S1 PGSD.
Subyek1. MENULIS (PENDIDIKAN DASAR) - SISWA, KETERAMPILAN
LabelRs 372.6231 HAN p
Abstrak

Kata Kunci: keterampilan menulis, menulis puisi, media gambar, siswa,





kelas III, SDIT Insan Permata



Bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat penting. Salah satu keterampilan bahasa yang sangat penting dan harus dikuasai oleh peserta didik adalah menulis, dalam penelitian ini khususnya menulis puisi. Setelah melakukan penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang, ditemukan 15 dari 23 peserta didik belum mampu menulis puisi dengan baik. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan pembahasan mengenai keterampilan menulis puisi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan keterampilan menulis puisi dan penerapan media gambar peserta didik kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, asesmen kinerja, dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi).

Dari hasil penelitian yang dilakukan di siklus 1, kemampuan menulis puisi peserta didik masih belum mengalami kemajuan. Dari hasil pekerjaan siswa secara keseluruhan, dapat dilihat dari pemilihan kata yang kurang sesuai dan ejaan yang digunakan tidak sesuai dengan EYD. Akhirnya dilakukan siklus 2, pada siklus 2 kemampuan menulis puisi peserta didik mengalami banyak kemajuan dan hasil tes akhir pada siklus 2, hanya 3 peserta didik yang belum mencapai nilai dengan standar di atas KKM KD. Hal ini dapat dilihat dari hasil pekerjaan siswa dari pilihan kata yang digunakan sudah banyak yang tepat dan ejaan yang digunakan sudah banyak yang sesuai dengan EYD. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan media gambar, ternyata hasil kemampuan menulis puisi peserta didik mengalami kemajuan. Nilai peserta didik hampir semuanya di atas standar KKM KD.

Dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas III Nabi Ismail Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang dapat ditingkatkan dengan penerapan media gambar. Penelitian ini perlu adanya tindak lanjut, agar penelitian ini tidak berakhir sia- sia. Keterlibatan guru dan pihak sekolah sangat dibutuhkan dalam hal ini.




P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas