Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Papar tahun ajaran 2009 oleh 2010 oleh Silvia Farida Ariani
PenulisAriani, Silvia Farida
Pembimbing1. PURBO SUWASONO ; 2. SUTARMAN
Penerbitan2011, S1 Program Studi Pendidikan Fisika.
Subyek1. FISIKA - PRESTASI BELAJAR
2. FISIKA - PEMBELAJARAN MODEL PBI (PROBLEM BASED LEARNING)
LabelRs 530.076 ARI p
Abstrak

Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Proses Sains, Prestasi Belajar Fisika







Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X-6 SMA Negeri I Papar diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran guru memberikan materi fisika dengan metode ceramah dan diskusi kelas sehingga sis-wa masih kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, jika diberi kesempatan siswa jarang sekali bertanya atau menyampai¬¬¬kan gagasan. Keterampilan dalam menggu-nakan alat-alat laboratorium masih rendah. Siswa kurang dalam memperoleh pe-ngalaman langsung, dikarenakan guru lebih sering melakukan demonstrasi daripa-da mengajak siswa ikut terlibat langsung dalam melakukan penyelidikan. Akibat-nya keterampilan proses sains seperti keterampilan mengamati, mengukur, mem-prediksi, mengkomunikasikan, bereksperimen, dan menarik kesimpulan, rendah. Selain keterampilan proses yang masih rendah, nilai rata-rata prestasi belajar fisi-ka siswa masih di bawah KKM yaitu 65. Oleh karena itu, perlu dilakukan peneliti-an yang dapat menjadikan siswa mempunyai keterampilan proses sains dan pres-tasi belajar siswa dapat meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar fisika dan mengetahui kualitas keterampilan proses sains siswa adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dan mengetahui kualitas keterampilan proses sains siswa kelas X-6 SMA Negeri I Papar melalui penera-pan model pembelajaran PBL.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas adaptasi dari Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari pe-rencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Papar dengan jumlah 41 siswa. Instrumen penelitian me-liputi instrument tindakan yaitu RPP dan LKS, lembar keterlaksanaan PBL, for-mat catatan lapangan, lembar observasi keterampilan proses sains, dan tes prestasi belajar. Keterampilan proses sains dikatakan berhasil jika tiap aspek telah menca-pai 70% dari skor maksimal. Prestasi belajar dikatakan berhasil jika ketuntasan belajar telah mencapai 75% dari seluruh siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Papar. Hasil analisis dapat dilihat kualitas aspek keterampilan proses sains pada siklus I 59,68% dengan kriteria cukup baik dan pada siklus II 71,27% dengan kriteria baik. Prestasi belajar Fisika juga menunjukkan peningka-tan nilai rata-rata dari observasi awal 65 ke siklus I 74,58 mengalami peningkatan sebesar 14,74 %, dan siklus II meningkat sebesar 23,9%.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas