Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulProfil pendidikan karakter SDIT Baitul Izzah Kelurahan Kauman Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk oleh Dian Cahya Puspita
PenulisPuspita, Dian Cahya
Pembimbing1. Sri Sugiharti ; 2. Murtiningsih
Penerbitan2012, S1 Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar .
Subyek1. PENDIDIKAN KARAKTER ( PENDIDIKSN DASAR ) - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 372.82044 PUS p
Abstrak

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, profil, SDIT Baitul Izzah







Berdasarkan observasi di beberapa sekolah dasar ketika peneliti melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata), PPL I maupun PPL II, serta tugas-tugas kuliah lainnya, didapatkan kenyataan bahwa ditemui masalah-masalah moral yang terdapat dalam diri peserta didik sekolah dasar. Hal ini ditandai dengan perilaku peserta didik yang suka terlambat masuk sekolah maupun masuk ke kelas setelah jam istirahat, menyontek, bersikap seperti preman, berkelahi, mengolok-olok teman, menginginkan teman berkelahi, corat-coret bangku dan tembok sekolah, tidak menjaga kebersihan KM/WC sekolah, merusak fasilitas sekolah seperti taman dan perpustakaan, kurang membaur dengan teman, membeda-bedakan teman, tidak mengenakan seragam sekolah sesuai dengan ketentuan, membuang sampah di sembarang tempat, tidak sopan kepada guru.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan persiapan pelaksanaan pendidikan karakter di SDIT Baitul Izzah, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di SDIT Baitul Izzah, (3) mendeskripsikan evaluasi pendidikan karakter di SDIT Baitul Izzah, dan (4) mendiskripsikan karakter peserta didik di SDIT Baitul Izzah.

Penelitian ini dilakukan di SDIT Baitul Izzah Kelurahan Kauman Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Sedangkan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, analisis dokumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDIT Baitul Izzah pada dasarnya telah melaksanakan pendidikan karakter dengan baik dan sistematis. Penjabaran hal di atas adalah sebagai berikut: (1) jika ditinjau dari rumusan masalah pertama tentang persiapan pelaksanaan pendidikan karakter, maka didapatkan design pendidikan telah tersusun dengan baik pada kurikulum KTSP SDIT Baitul Izzah yakni sesuai dengan nilai-nilai yang ingin dikembangkan pada diri peserta didik. Perencanaan tersebut meliputi visi, misi, tujuan, nilai dan karakter yang dikembangkan, program kerja sekolah, dan perangkat pembelajaran. (2) Tentang pelaksanaan pendidikan karakter didapatkan hasil bahwa SDIT Baitul Izzah melaksanakan pendidikan karakter melalui pelaksanaan pembelajaran, kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian sarana prasarana, kegiatan ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, pemantauan kegiatan di rumah, (3) evaluasi pendidikan karakter di SDIT Baitul Izzah dilaksanakan dengan cara evaluasi sekolah dan kelas dan evaluasi mata pelajaran. Namun evaluasi yang dilaksanakan di SDIT Baitul Izzah kurang tampak dalam KTSP, pelaksanaan evaluasi belum di rencanakan dengan penetapan jangka waktu tertentu. Perlu diadakan rencana penilaian keberhasilan, misalnya tahun ajaran 2011/2012 semester gasal SDIT Baitul Izzah harus dapat membiasakan peserta didik memisahkan sampah kering dan sampah basah, tidak mengambil barang yang bukan miliknya, menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang, dan lain sebagainya. Selain itu perlu ditambahkan indikator-indikator nilai sikap pada KTSP, sehingga didapatkan alat ukur yang jelas yang digunakan untuk menetapkan nilai bagi peserta didik. (4) Tentang karakter peserta didik di SDIT Baitul Izzah dapat ditarik kesimpulan bahwa karakter peserta didik di SDIT Baitul Izzah sudah mencakup nilai-nilai inti yang direncanakan dengan peningkatan yang dialami dari kelas I hingga kelas VI. Sehingga pengembangan karakter di SDIT Baitul Izzah dapat dikatakan berhasil dan perlu ditingkatkan demi mewujudkan pendidikan karakter yang lebih baik.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas