Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan permainan kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK PGRI 4 Kolursari-Bangil oleh Rita Santi
PenulisSanti, Rita
Pembimbing1. Ahmad Samawi ; 2. Pramono
Penerbitan2012, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. ANAK (TAMAN KANAK-KANAK) - KEMAMPUAN KOGNITIF
LabelRs 372.218019 SAN p
Abstrak

Kata kunci: Permainan kartu angka bergambar, kemampuan kognitif.





Kemampuan kognitif anak di taman kanak-kanak merupakan bagian dari struktur kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak salah satunya dengan menggunakan media permainan kartu angka bergambar untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK PGRI 4 Kolursari-Bangil.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan permainan kartu angka bergambar dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok A di TK PGRI 4 Kolursari-Bangil; (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK PGRI 4 Kolursari-Bangil melalui penerapan permainan kartu angka bergambar.

Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yang digunakan sejumlah 21 anak dan melibatkan satu guru kolabolator. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi berupa lembar observasi kegiatan anak dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis tindakan yaitu dengan menggunakan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II.

Hasil penelitian sebagai berikut: kemampuan kognitif pada pra tindakan diperoleh rata-rata 49%, meningkat 74% pada siklus I, pada siklus II menjadi 90%, sehingga kenaikan rata-rata sebesar 41%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan kartu angka bergambar dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Bagi guru TK dalam pembelajaran kemampuan kognitif disarankan menggunakan media yang menarik sehingga anak tidak merasa bosan, anak-anak tertarik untuk belajar dan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengeksplorasi potensi dan kecerdasan yang dimiliki anak.






















P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.