Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode eksperimen melalui percobaan magnet untuk meningkatkan kemampuan sains anak kelompok A di TK Arrochmah Bangil Kabupaten Pasuruan oleh Naini Rohmah
PenulisRohmah, Naini
Pembimbing1.Tomas Iriyanto ; 2. Pramono
Penerbitan2012, S1 Program Studi PG PAUD.
Subyek1. SAINS TAMAN KANAK-KANAK - PRESTASI BELAJAR
2. SAINS TAMAN KANAK-KANAK - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 372.357044 ROH p
Abstrak

Kata kunci: Kemampuan Sains, Metode Eksperimen





Kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak merupakan bagian yang terpenting dari stuktur kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan sains anak salah satunya dengan menggunakan metode eksperimen melalui percobaan magnet untuk meningkatkan kemampuan sains anak di TK Arrochmah Bangil.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan penerapan metode eksperimen melalui percobaan magnet untuk meningkatkan kemampuan sains anak kelompok A di TK Arrochmah Bangil, dan (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan sains anak kelompok A di TK Arrochmah Bangil dengan penerapan metode eksperimen melalui percobaan magnet.

Pemecahan masalah dalam penelitian ini dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart. Penelitian yang dilakukan melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yang digunakan adalah anak-anak kelompok A sebanyak 18 anak pada semester I tahun pelajaran 2011-2012 di TK Arrochmah Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini melibatkan 1 (satu) orang guru kolaborator. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif prosentase dan deskriptif kualitatif dengan ketuntasan belajar minimal secara individu 70% dan klasikal 85%.



Hasil analisis penelitian kemampuan sains pada pra tindakan diperoleh rata-rata 50%. Pada siklus I dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan pada tanggal 6 Desember dan 7 Desember 2011, pada pertemuan ini diperoleh rata-rata 67,22% dengan kategori B. Pada siklus II diperoleh rata-rata 86,67% terdapat kenaikan sebesar 19,45%.



Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen melalui percobaan magnet dapat diterapkan dalam pembelajaran sains anak kelompok A di TK Arrochmah Bangil Kabupaten Pasuruan.Saran yang disampaikan pada guru TK agar dapat menerapkan metode eksperimen melalui percobaaan magnet untuk meningkatkan kemampuan sains anak.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.