Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode karyawisata dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK Al-Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan oleh Solikhah
PenulisSolikhah
Pembimbing1. Musa Sukardi ; 2. Hendro Wahyuno
Penerbitan2012, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. SAINS (TAMAN KANAK - KANAK) - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 372.357044 SOL p
Abstrak

Kata Kunci: kognitif, karyawisata, sains





Anak belajar banyak melalui dirinya sendiri, tetapi ia sering memerlukan pertolongan untuk memadukan apa yang dipelajarinya sehingga perlu ditawari dengan berbagai kegiatan untuk bermain menjelajah lingkungan dan lebih banyak merespon pada rangsangan dalam lingkungan. Salah satunya yaitu dengan kegiatan karyawisata. Melalui penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran sains diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK AL-Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan dan apakah penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK AL-Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK AL-Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan dan mendeskripsikan penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK AL-Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan.

Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK AL-Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan. Teknik pengumpulan data: melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK AL-Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan berjalan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah dirancang dan berhasil sesuai dengan harapan. Hasil pra tindakan rata-rata 45%, tindakan siklus I mencapai 64%, dan tindakan siklus II sebesar 80%.

Kesimpulan penelitian adalah bahwa metode karyawisata dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK AL-Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan. Disarankan kepada guru sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran sains dapat menggunakan metode karyawisata.














P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.