Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulHubungan penguasaan kosa kata dengan kemampuan menulis cerita pengalaman siswa kelas IV di gugus 2 Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo oleh Dheny Wahyuningtyas
PenulisWahyuningtyas, Dheny
Pembimbing1. Muhana Gipayana ; Rumidjan
Penerbitan2012, S1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Subyek1. BAHASA INDONESIA (PENDIDIKAN DASAR) - KOSAKATA
LabelRs 372.659221 WAH h
Abstrak

Kata Kunci : penguasaan kosakata, menulis cerita, SD.







Penguasaan kosakata adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa Kelas IV di Gugus 02, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo dalam memahami kosakata yang meliputi morfologi, fungsi sintaksis, dan ejaan. Penguasaan kosakata sangat penting dalam menulis cerita pengalaman. Untuk itu diperlukan kemampuan penguasaan kosakata untuk menulis cerita pengalaman tersebut.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) tingkat penguasaan kosakata siswa kelas IV di Gugus 2 Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, (2) tingkat kemampuan menulis cerita pengalaman siswa kelas IV di Gugus 2 Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, dan (3) ada tidaknya hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis cerita pengalaman siswa kelas IV di Gugus 2 Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN di Gugus 2 Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo yang berjumlah 60 orang dan semuanya diteliti, sehingga disebut sampel total. Data dikumpulkan menggunakan instrumen soal tes pilihan ganda untuk menghitung tingkat penguasaan kosakata siswa dan uraian untuk menghitung kemampuan menulis cerita pengalaman siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan korelasional yang menggunakan teknik korelasi product moment. Instrumen sebelum digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas dan reliabilitas semua soal dinyatakan valid dan reliabel.

Hasil analisis deskriptif terhadap penguasaan kosakata siswa tergolong baik terbukti dengan sebanyak 76,6% siswa mendapatkan nilai 60 sampai dengan 100. Sedangkan hasil kemampuan menulis cerita pengalaman siswa tergolong baik sekali terbukti dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai 61 sampai dengan 100 mencapai 100% yang berarti bahwa semua siswa mempunyai kemampuan dalam menulis cerita. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,637>0,330 pada taraf signifikansi 1%. Jadi dapat dikatakan bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis cerita pengalaman siswa kelas IV di Gugus 2 Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas