Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model bermain tebak warna geometri untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A RA Hidayatul Mubtadiin Sumber Anyar Nguling Pasuruan oleh Kartini
PenulisKartini
Pembimbing1. Usep Kustiawan ; 2. Retno Tri Wulandari
Penerbitan2012, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. ANAK (PENDIDIKAN DASAR) - KEMAMPUAN KOGNITIF
2. ANAK (PENDIDIKAN DASAR) - METODE BERMAIN
LabelRs 372.218019 KAR p
Abstrak

Kata kunci : Peningkatan kemampuan kognitif, bermain tebak warna geometri





Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna, bilangan dan bentuk-bentuk geometri pada kelompok A di RA Hidayatul Mubtadiin Sumberanyar Nguling Pasuruan. Guru belum menggunakan media yang tepat dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna, bilangan dan bentuk-bentuk geometri. Hasil observasi awal ditemukan bahwa anak belum mampu mencapai kriteria ketuntasan belajar siswa yang ditentukan sekolah yaitu 67% ketuntasan individu.

Penelitian ini diidentifikasi dari masalah 1) Bagaimanakah penerapan metode bermain tebak warna geometri untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A RA Hidayatul Mubtadiin Sumberanyar? 2) Apakah metode bermain tebak warna geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A RA Hidayatul Mubtadiin Sumberanyar?.

Penelitian ini dilaksanakan di RA Hidayatul Mubtadiin Sumberanyar Nguling Pasuruan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 20 anak. Instrumen penelitiannya menggunakan lembar observasi, lembar unjuk kerja, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknis Analisis data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penilaian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bermain tebak warna geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak terbukti dari hasil observasi 25% anak yang mencapai ketuntasan individu, pada siklus I rata-rata (64,25) dengan persentase (55%) dan meningkat pada siklus II rata-rata (77,25), dengan persentase (100%) yang terus mengalami peningkatan.

Kesimpulannya bahwasannya dengan bermain tebak warna geometri dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A RA Hidayatul Mubtadiin Sumberanyar Nguling Pasuruan. Saran yang disampaikan kepada guru yaitu agar dapat menerapkan metode bermain tebak warna geometri dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan pengembangan lain. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan perbandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.






P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.