Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode bermain kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK KHA Wahid Hasyim Bangil Kabupaten Pasuruan oleh Nuril Qomariyah
PenulisQomariyah, Nuril
Pembimbing1. Musa Sukardi ; 2. Muh. Arafik
Penerbitan2012, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. ANAK ( TAMAN KANAK-KANAK ) - BAHASA, KEMAMPUAN
2. ANAK ( TAMAN KANAK-KANAK) - METODE BERMAIN KARTU
LabelRs 372.6 QOM p
Abstrak

Kata kunci: Metode Bermain, Kecerdasan Berbahasa. PAUD







Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelompok B TK Wahid Hasyim Bangil Kabupaten Pasuruan, berlatar belakang kurangnya pembendaharaan kata, kelancaran bahasa, pembelajaran guru yang kurang menyenangkan dan terdapat rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan bermain kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak, 2) Apakah penerapan bermain kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan bermain kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak, 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbahasa dengan menggunakan metode bermain kartu bergambar.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif berbentuk tindakan kelas dan dirancang dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah anak kelompok B TK Wahid Hasyim Bangil Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 26 anak. Metode pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas anak selama proses pembelajaran, wawancara tentang kesan-kesan anak, dokumentasi berupa foto selama pembelajaran dan APKG berupa pengamatan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bermain kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B. Penerapan bermain kartu bergambar di TK Wahid Hasyim Bangil dilaksanakan di dalam ruangan. Dalam uji coba kelompok di ikuti oleh 26 anak. Sebelum melaksanakan kegiatan, guru terlebih dahulu mempersiapkan alat yang akan digunakan. Selanjutnya guru mengajak anak bermain bergantian. Permainan ini terdiri atas lima permainan dimana aktifitas pada kelima permainan tersebut antara lain : Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar, menirukan kembali 4-5 urutan kata, menerima pesan sederhana, menyampaikan pesan sederhana, membaca kartu kata bergambar. Berdasarkan lembar Observasi pada siklus I hasil aktivitas pembelajaran pada kemampuan berbahasa dengan nilai 60 %. Pada siklus II hasil observasi pada kemampuan berbahasa meningkat menjadi nilai 90%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan bermain kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan metode bermain dalam pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan anak.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Penggunaan media kotak engklek untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok A TK PGRI 06 Kalipare Kabupaten Malang / Ika Risawati


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.