Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan permainan sains sederhana melalui membedakan biji-bijian untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan I Warungdowo Pohjentrek Pasuruan oleh Lailatul Khasanah
PenulisKhasanah, Lailatul
Pembimbing1. Ahmad Samawi ; 2. Endro Wahyuno
Penerbitan2012, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. KEMAMPUAN KOGNITIF (TAMAN KANAK-KANAK) - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 372.218019 KHA p
Abstrak

Kata Kunci : Permainan sains sederhana, membedakan biji-bijian menurut jenisnya, kemampuan kognitif, TK.





Anak usia dini umumnya merupakan anak yang aktif dan rasa keingintahuannya tinggi, namun yang terjadi pada kelompok B TK Dharma Wanita Persartuan I WarungdowoPohjentrek Pasuruan masih sedikit anak yang antusias terhadap pembelajaran. Permainan sains sederhana selain itu kemampuan kognitif anak yang berhubungan dengan mengelompokkan biji-bijian menurut jenisnya (dikotil dan monokotil) masih rendah, buktinya dari 15 anak, 9 anak (60%) malu bertanya atau mengemukakan pendapat. Hal ini terjadi karena anak tidak dilibatkan secara langsung dalam memecahkan masalah. Mengingat dunia anak adalah dunia bermain dan merupakan bagian dari perkembangan kognitif maka diperlukan penerapan permainan sains sederhana.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan permainan sains sederhana dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Dharma Wanita Persartuan I WarungdowoPohjentrek Pasuruan, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Dharma Wanita Persartuan I WarungdowoPohjentrek Pasuruan setelah dibelajarkan permainan sains sederhana.

Penelitian ini dilakukan TK DharmawanitaPersartuan I WarungdowoPohjentrek Pasuruan pada tanggal 11 April 2012 dan 17 April 2012 pada anak kelompok B yang berjumlah 15 anak, dengan menggunakan model PTK yang dilakukan dalam II siklus yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian observasi berkolaborasi dengan guru observer.

Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan permainan sains sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif, terbukti dari hasil yang diperoleh siswa dengan rata-rata hasil tes mulai dari pra tindakan 66%, meningkat siklus I mencapai 75% dan pada siklus II mencapai 93% dan dinyatakan berhasil tuntas.

Dapat disimpulkan permainan sains sederhana dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Dharma Wanita Persartuan I WarungdowoPohjentrek Pasuruan. Kegiatan permainan sains sederhana meliputi : 1) permainan lempar biji, 2) mengelompokkan biji-bijian menurut warna, 3) mengelompokkan biji-bijian menurut jenisnya (dikotil dan monokotil), 4) mengurutkan biji-bijian dari yang terkecil sampai yang terbesar.

Dengan demikian disarankan bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini hendaknya melaksanakan kegiatan pembelajaran melibatkan anak secara langsung dan pembelajaran bukan berpusat pada guru tapi berpusat pada anak. Karena hal ini akan memberikan makna yang mendalam bagi anak dan bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.