Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan permainan kartu bilangan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TKK Santa Maria III MNalang oleh MM Sri Sutarti
PenulisSutarti, MM Sri
Pembimbing1. I Wayan Sutama ; 2. Abdul Huda
Penerbitan2012, S1 Program Studi PG PAUD.
Subyek1. ARITMATIKA ( TAMAN KANAK KANAK ) - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 372.72044 SUT p
Abstrak

Kata kunci: Anak Kelompok A, Mengenal Konsep Bilangan, Kartu Bilangan





Anak kelompok A kemampuan mengenal konsep bilangan belum berkembang optimal. Hasil observasi pada kelompok A di TKK Santa Maria III Malang ditemukan kemampuan mengenal konsep bilangan belum berkembang optimal. Hal ini diketahui dari 29 anak terdapat 21 anak yang belum mampu mengenal konsep bilangan.

Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan permainan kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TKK Santa Maria II Malang, (2) apakah penerapan permainan kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TKK Santa Maria III Malang.

Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan di rancang dalam 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelompok A TKK Santa Maria III Malang sebanyak 29 anak. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dan lembar kemampuan mengenal konsep bilangan. Analisa data menggunakan deskreptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) permainan kartu bilangan mampu meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan, anak memperoleh pengetahuan baru dalam permainan kartu bilangan, (2) pada siklus I kemampuan mengenal konsep bilangan mencapai 71,4%, pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 94,7%. Peningkatan rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan mencapai 23,3% sehingga disimpulkan bahwa permainan kartu bilangan dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A di TKK Santa Maria III Malang.

Bertitik tolak dari temuan penelitian ini, beberapa saran yang dikemukakan; (1) bagi sekolah, penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan dalam mengembangkan konsep bilangan dengan media dan metode pembelajaran sehingga mampu meningkatkan mutu pembelajaran, (2) bagu pendidik, pemerhati pendidikan, penelitian ini dapat menjadi inspirasi untuk lebih terampil menggunakan teknik permainan ini untuk membantu mengembangkan konsep bilangan (3) untuk peneliti selanjutnya agar mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan lebih kreatif dan inovatif.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.