Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran cooperative learning teknik jigsaw untuk meningkatkan tanggung jawab dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas XI IPS-1 di SMA Negeri 6 Malang oleh Mahfudi
PenulisMahfudi
Pembimbing1. Sri Untari ; 2. Yuni Astuti
Penerbitan2012, S1 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Subyek1. PENDIDIKAN KEWAGANEGARAAN - MOTIVASI BELAJAR
2. PENDIDIKAN KEWAGANEGARAAN - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 323.6076 MAH p
Abstrak

Kata kunci: Model Cooperative Learning Teknik Jigsaw, Peningkatan Tanggung Jawab Belajar Siswa dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa.









Pembelajaran model cooperative learning teknik jigsaw adalah pembelajaran dengan teknik siswa dibentuk dalam kelompok yang heterogen baik dari jenis kelamin, kemampuan akademik, yang terbagi menjadi kelompok asal dan ahli, dari kelompok asal membentuk menjadi kelompok ahli dengan tugas yang sama berdiskusi, setelah siswa berdiskusi kelompok ahli siswa kembali pada kelompok asal untuk menjelaskan hasil dari diskusi kelompok ahli,setelah itu tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusinya dan melaporkan hasil diskusi. Latar belakang dilakukan penelitian ini karena alasan metode konvensional masih menyelimuti proses pembelajaran di kelas, dan rendahnya tanggung jawan dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn di SMAN Negeri 6 Malang khususnya di kelas XI IPS-1.

Tujuan dari penelitian dilaksanakan: (1) untuk mengetahui penerapan model cooperative learning teknik jigsaw pada pembelajaran PKn di kelas XI IPS-1 di SMAN 6 Malang , (2) untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas XI IPS-1 di SMAN 6 Malang, (3) untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan penerapan teknik jigsaw kelas XI IPS-1 di SMAN 6 Malang.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksakan di SMAN 6 Malang kelas XI IPS-1 dengan sejumlah siswa sebanyak 37 siswa, 20 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus I terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) tahap perencanaan penelitian, 2) tahap pelaksanaan tindakan penelitian, 3) tahap observasi/ pengamatan penelitian, 4) tahap refleksi.

Metode pembelajaran yang digunakan model cooperative learning teknik jigsaw, berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model cooperative learning teknik jigsaw yang diterapkan berjalan dengan baik, penerapan model cooperative learning teknik jigsaw pada pembelajaran PKn kelas XI IPS 1 di SMAN 6 Malang yang telah dilakukan oleh pada siklus I dilaksanakan satu kali pertemuan. Untuk siklus II sama dalam pelaksanaannya dengan siklus I, bedanya pada penelitian siklus II ini hanya untuk memperbaiki kekurangan dari pelaksanaan siklus I. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS-1 di SMAN 6 Malang mengalami peningkatan tanggung jawab dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn, setelah diberi tindakan berupa penerapan model cooperative learning teknik jigsaw, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I tanggung jawab belajar siswa pada pembelajaran PKn, diperoleh nilai tanggung jawab belajar siswa pada pembelajaran PKn sebesar 67,4%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80%. Untuk motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn pada siklus I sebasar 68%, kemudian setelah siklus II motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn meningkat menjadi 79%. Berdasarkan data diatas peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning teknik jigsaw dapat meningkatkan tanggung jawab dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas XI IPS-1 di SMAN 6 Malang.

Saran bagi guru hendaknya menggunakan motode pembelajaran cooperative learning salah satunya dengan teknik jigsaw yang dapat menjadi pilihan variasi metode pembelajaran berkelompok untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar yang diharapkan dapat meningkatkan tanggung jawab dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn. Bagi siswa setelah diterapkan model cooperative learning teknik jigsaw diharapkan siswa lebih bertanggung jawab dan termotivasi lagi dalam pembelajaran PKn. Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian dengan situasi dan kondisi sekolah yang sama, hendaknya menerapkan model pembelajaran yang berbeda atau yang belum pernah diterapkan pada mata pelajaran yang sama.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas