Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelasw X AP 1 SMK PGRI 3 Blitar) oleh Isma Setyowati
PenulisSetyowati, Isma
Pembimbing1. Heny Kusdiyanti ; 2. I. Nyoman Saputra
Penerbitan2012, S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran.
Subyek1. PRESTASI BELAJAR - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 371.264 SET p
Abstrak

Kata kunci: Cooperative Script, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa.







SMK PGRI 3 Blitar adalah SMK swasta yang memiliki lahan yang paling luas di kota Blitar dan memiliki program keahlian Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, dan Teknik Komputer Jaringan. Mayoritas siswa di SMK PGRI 3 Blitar adalah perempuan dan seluruh siswa program keahlian Administrasi perkantoran adalah pada tahun ajaran 2011/2012 adalah perempuan. Pada penelitian ini subjeknya adalah siswa Kelas X AP 1 pada Mata Pelajaran Menangani Penggandaan Dokumen.

Permasalahan pembelajaran yang terdapat di Kelas AP 1 SMK PGRI 3 Blitar adalah siswa cenderung pasif, belum terbiasa mengungkapkan pendapat, merasa canggung mengangkat tangan dan takut menjawab pertanyaan, aktivitas lebih banyak mendengarkan dan mencatat materi apa yang disampaikan guru, saat ada pertanyaan atau tugas dari guru siswa saat akan menjawab masih membuka modul dan bertanya dengan temannya sehingga suasana pembelajaran cenderung membosankan.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data dalam penelitian ini berupa uraian-uraian atau kalimat yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian di Kelas X AP 1 SMK PGRI 3 Blitar dengan Kompetensi Dasar Mendistribusikan Dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, tes, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian di SMK PGRI 3 Blitar diketahui bahwa penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script (1) menjadikan siswa aktif, berani mencoba bertanya, menjawab, dan mengungkapkan pendapat, (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan (3) meningkatkan hasil belajar aspek kognitif serta afektif. Peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 23,31% dari siklus I sebesar 70,24% menjadi 93,55% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif sebesar 8,80% dari siklus I sebesar 78,03% menjadi 86,83% pada siklus II. Sedangkan pada aspek afektif mengalami peningkatan sebesar 24,65% pada siklus I mencapai rata-rata 67,94% dan pada siklus II mencapai rata-rata 92,59%.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas