Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode karyawisata untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Al Khodijah Baujeng Beji Pasuruan oleh Robiatul Adawiyah
PenulisAdawiyah, Robiatul
Pembimbing1. Mardiah Moenir ; 2. Tomas Iriyanto
Penerbitan2012, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. KEMAMPUAN KOGNITIF ( TAMAN KANAK - KANAK ) - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 372.218019 ADA p
Abstrak

Kata kunci : Kognitif, Metode Karyawisata











Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di TK Al-Khodijah Baujeng Beji Pasuruan kemampuan kognitif anak dalam (1) mengenal konsep bilangan dengan benda, (2) menyusun benda dari besar ke kecil, (3) mengurutkan 3 urutan pola, (4) membedakan banyak dan sedikit, (5) menyebut hasil penggabungan 2 kumpulan benda, dari kelima indikator ini kemampuan kognitif anak masih rendah dikarenakan pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi, yaitu pembelajaran dilakukan di dalam kelas dan media yang digunakan adalah buku paket, lembar kerja dan menara balok.

Rumusan masalah pada penelitian ini : 1) bagaimana proses penerapan metode karyawisata untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Al-Khodijah Baujeng Beji Pasuruan, 2) apakah penerapan metode karyawisata dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Al-Khodijah Baujeng Beji Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan rancangan tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilakukan melalui dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, paparan data, observasi dan refleksi dan rencana perbaikan. Subyek penelitian adalah anak-anak kelompok B sebanyak 20 anak pada semester II tahun pelajaran 2011/2012 di TK Al-Khodijah Baujeng Beji Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriftif kualitatif dengan pendekatan prosentase. Instrumen penelitian berupa lembar observasi anak dan lembar hasil kemampuan kognitif anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode karyawisata dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Al-Khodijah Baujeng Beji Pasuruan. Hasil analisis data pada siklus I mencapai rata-rata 62% dan pada siklus II mencapai rata-rata 84,25%, maka penerapan metode karyawisata dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Al-Khodijah Baujeng Beji Pasuruan.

Kesimpulan penerapan metode karyawisata dapat diterapkan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Al-Khodijah Baujeng Beji.

Disarankan untuk guru TK agar menggunakan metode karyawisata untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan jarak tidak lebih dari 300 m dari sekolah agar anak tidak merasa lelah sehingga dapat melakukan pembelajaran dengan maksimal.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.