Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPemanfaatan media pembelajaran smart box untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Dharma Wanita Kademangan Blitar oleh Yunita Wijayanti
PenulisWijayanti, Yunita
Pembimbing1. Usep Kustiawan ; 2. Abdul Huda
Penerbitan2012, S1 Program Studi PG PAUD .
Subyek1. ANAK - KEMAMPUAN KOGNITIF
2. KOGNITIF, KEMAMPUAN - MEDIA PEMBELAJARAN
LabelRs 372.218019 WIJ p
Abstrak

Kata kunci: media pembelajaran, bermain Smart Box, kemampuan kognitif.







Berdasarkan observasi pra tindakan, menunjukkan bahwa sebagian besar anak kelompok B TK Dharma Wanita Kademangan Blitar belum menguasai kemampuan kognitif terutama dalam penjumlahan dan pengurangan. Untuk itu peneliti memilih media Smart Box untuk meningkatkan kemampuan kognitif tersebut.

Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pemanfaatan media pembelajaran Smart Box untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, dan 2)Apakah ada peningkatan kemampuan kognitif dengan menggunakan media Smart Box.

Subyek penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK Dharma Wanita Kademangan Blitar yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi yang dibantu kolaborator. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil penelitian menyatakan bahwa pemanfaatan media Smart Box dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, peningkatan tersebut dapat dilihat pada Siklus I mencapai 59,9%. Siklus II hasil kemampuan kognitif anak maningkat lagi mencapai 75,3%. Dari angka prosentase kemampuan hasil belajar pada Siklus I dan Siklus II, menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam bermain Smart Box dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Pemanfaatan media Smart Box untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak menggunakan metode demonstrasi dilaksanakan dengan cara sebagai berikut: (a) Guru menunjukkan media Smart Box, (b) Guru mendemonstrasikan cara menggunakan media Smart Box, (c) Guru menunjuk salah satu anak untuk memperagakan media Smart Box.

Saran yang dapat diberikan, antara lain: bagi sekolah yang ingin mengatasi masalah kesulitan anak dalam kemampuan kognitif bisa menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran. Bagi guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam bermain Smart Box, hendaknya dilakukan secara bertahap dan berulang-ulang sesuai kemampuan anak. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mencoba penelitian dengan masalah yang lain dengan menggunakan media dan metode yang lain.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.