Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan permainan bola zig-zag untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak kelompok A di TK Permata Bunda Malang oleh Defi Ardianti
PenulisArdianti, Defi
Pembimbing1. Achmad Samawi ; 2. Pramono
Penerbitan2012, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. ANAK (TAMAN KANAK-KANAK) - FISIK MOTORIK
LabelRs 372.86044 ARD p
Abstrak

Kata Kunci:Permainan Bola Zig-Zag, Keterampilan motorik kasar, TK Permata Bunda Malang.



Peningkatan keterampilan motorik kasar anak TK berperan penting terhadap pertumbuhan aspek perkembangan kemampuan anak,akantetapi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran masih jarang dilaksanakan secara maksimal. Kegiatan pembelajaran di TK Permata Bunda dilakukan di dalam kelas sehingga anak-anak kurang bebas dalam bergerak.Keterbatasan alat permainan yang tidak bervariatif membuat anak kurang bersemangat dan bosan.Selain itu pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar jarang menerapkan kegiatan yang dirancang melalui permainan.

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan permainan bola zig-zag dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak TK A, (2) untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan motorik kasar anak TK A melalaui permainan bola zig-zag.

Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 15 anak terdiri dari 8 anak laki- laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, masing- masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang diambil melalui observasi penilaian aktivitas anak dalam kegiatan permainan dan dokumentasi. Instrumen berupa lembar observasi aktivitas anak pada penerapan permainan bola zig-zag. Data yang telah terkumpul akan dianalisis secara deskriptif, baik deskriptif kuantitatif maupun deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II didapatkan bahwa penerapan permainan bola zig-zag dilaksanakan melalui persiapan dengan pemilihan anggota kelompok dan pelaksanaaan dengan kegiatan anak-anak melempar dan menangkap bola. Keterampilan motorik kasar anak mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II dengan prosentase skor kegiatan melempar bola 21,66%, menangkap bola 16,66%, penguasaan permainan 15% dan skor secara keseluruhan mengalami peningkatan 17,77%.

Disimpulkan bahwa permainan bola zig-zag dapat dilaksanakan dalam pembelajaran motorik kasar anak TK A. Permainan bola zig-zag juga dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak kelompok A di TK Permata Bunda.Malang.Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan skor dan nilai yang diperoleh anak pada setiap siklusnya.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.