Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan media kotak engklek untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok A TK PGRI 06 Kalipare Kabupaten Malang oleh Ika Risawati
PenulisRisawati, Ika
Pembimbing1. H. Sa'dun Akbar ; 2. Pramono
Penerbitan2012, S1 Program Studi PG PAUD.
Subyek1. ANAK ( TAMAN KANAK-KANAK ) - KEMAMPUAN KOGNITIF
LabelRs 372.218019 RIS p
Abstrak

Kata Kunci: Penggunaan media kotak engklek, Pengembangan Kognitif, TK PGRI 06 Kalipare.



Kemampuan kognitif anak kelompok A di TK PGRI 06 Kalipare Kabupaten Malang pada pembelajaran membilang 1 sampai 10 masih belum maksimal. Anak kurang memahami dalam membilang /menyebut urutan bilangan dari 1sampai10, membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda) sampai 10, menunjuk urutan benda untuk bilangan sampai 10, membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda-benda, dan meniru lambang bilangan 1-10 masih belum maksimal. Hal ini disebabkan media belajar dan metode pembelajaran yang belum memenuhi sasaran.

Masalah yang akan diteliti adalah: (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan media kotak engklek untuk mengembangkan kognitif anak dalam berhitung 1 sampai 10 di kelompok A. (2) Apakah dengan menggunakan media kotak engklek dapat mengembangkan kogitif anak dalam membilang 1 sampai 10.

Penelitian ini dilakukan di Kelompok A TK PGRI 06 Kalipare Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 16 anak pada tanggal 12-14, 23 November 2011 dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru kelompok A. Selanjutnya dari rancangan tersebut dilaksanakan pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi danlembar penilaian kemampuan kognitif, kemudian dianalisis dengan rumus prosentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan 2 hal yaitu; (1)Langkah-langkah penerapan kegiatan penerapan media kotak engklek(a) Anak-anak diajak bernyanyi dan bertepuk sambil duduk dikarpet, (b) Anak diajak bercakap-cakap tentang tema hari ini. (c) Guru mulai mengenalkan angka 1 sampai 10 dengan tebakan pada anak dan menggunakan gambar-gambar buah serta buah-buahan yang sebenarnya. (d) Guru menyiapkan tempat yang akan digunakan untuk bermain. (e) Guru menjelaskan akan diajak bermain apa, bagaimana cara menggunakannya, (f) kegiatan ditutup dengan tanya jawab kegiatan hari ini atau pemantapan dan doa penutup. (2)Bahwa dengan menggunakan media kotak engklek dapat mengembangkan kognitif anak dalam membilang 1 sampai 10 di kelompok A TK PGRI 06 Kalipate Kabupaten Malang. Hal ini terbukti dengan hasil rata-rata nilai anak meningkat 87,5% yang berarti sangat baik.

Disarankan bagi para pendidik anak usia dini untuk melakukan kegiatan bermain dalam kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif. Anak lebih senang, tanpa paksaan dan penggunaan media yang baru juga sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran, pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik pada anak dengan hasil yang optimal.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.