Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi perangkat lunak (Studi pada siswa kelas X Apk SMK Cendika Bangsa Kepanjen) oleh Irma Suryandari
PenulisSuryandari, Irma
Pembimbing1. Heny Kusdiyanti ; 2. Mohammad Arief
Penerbitan2012, S1 Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran.
Subyek1. KOMPUTER - PERANGKAT LUNAK - PRESTASI BELAJAR
2. KOMPUTER - PERANGKAT TANAH - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 005.3076 SUR p
Abstrak

Kata Kunci: model pembelajaran Demonstrasi, hasil belajar



pembelajaran akan lebih bermakna (meaningfull), jika siswa tidak hanya belajar untuk mengatasi sesuatu (learning to know), tetapi siwa juga belajar melakukan (learning to do), belajar menjiwai (learning to be), serta belajar bersosialisasi dengan sesama teman (learning to live together). Dengan kata lain, siswa diberikan kesempatan untuk mencoba sendiri mencari jawaban suatu masalah, bekerjasama dengan teman sekelasnya, atau membuat sesuatu, akan jauh lebih menantang dan mengarahkan perhatian siswa daripada apabila siswa hanya harus mencerna saja informasi yang diberikan secara searah. Data hasil observasi awal menunjukkan: pada hasil belajar 7 dari 30 siswa belum tuntas belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diterapkan model pembelajaran yang efektif serta didukung dengan model pembelajaran yang efektif pula. Alternatif model pembelajaran tersebut adalah penerapan model pembelajaran Demonstrasi yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Tahapan model pembelajaran Demonstrasi adalah: (1) penyampaian tujuan pembelajaran, (2) guru menyampaikan materi dengan menunjukkan video, (3) siswa menganalisis video kemudian mempresentasikan hasil analisisnya, (4) guru mengarahkan jalannya demonstrasi.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran demonstrasi pada pokok bahasan “Pembuatan Kolom dan Tabel serta Pengolahan Grafik di Ms-Word 2007”. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data aktivitas siswa menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, sedangkan hasil belajar dengan menggunakan tes pada akhir setiap siklus. Data tersebut dianalisis dengan perhitungan rata-rata dan persentase yang kemudian diartikan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen, Jalan Raya Mojosari No. 02 Kepanjen kab. Malang dengan subjek siswa kelas XAPK yang berjumlah 30 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, di mana persentase keberhasilan aktivitas siswa pada saat siklus I mencapai 84, 76% meningkat pada siklus II mencapai 88, 57%. Peningkatan persentase juga ditunjukkan pada ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal, dimana persentase ketuntasan belajar sebelum tindakan adalah 60%, meningkat pada siklus I mencapai 86, 67% dan 96,67 pada siklus II.

Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XAPK SMK Cendika Bangsa kepanjen Kab. Malang. Saran bagi peneliti selanjutnya bila ingin menerapkan model pembelajaran ini, diharapkan dapat mengajarkan seluruh komponen yang ada di program Ms. Word Misalnya Fitur Pembuatan Notulen Rapat yang bisa menunjang kegiatan sekretaris dan masih relevan dengan jurusan Administrasi Perkantoran, jangan hanya mengajarkan ikon atau fitur yang tampil di layar saja.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas