Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A1 di TK PKK Karangsari Kota Blitar oleh Siti Shofiyah
PenulisShofiyah, Siti
Pembimbing1. Kentar Budhojo ; 2. I Wayan Sutama
Penerbitan2013, S1 Program Studi PG PAUD.
Subyek1. KEMAMPUAN KOGNITIF ( TAMAN KANAK-KANAK ) - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 372.218019 SHO p
Abstrak

Kata kunci: Metode eksperimen, Kemampuan Kognitif, Anak Kelompok A

Peningkatan kemampuan kognitif anak di TK PKK Karangsari Kota Blitar masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi. Suasana belajar yang monoton juga menyebabkan anak merasa bosan dan cenderung tidak memperhatikan guru. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode eksperimen terutama dalam hal mencoba dan menceritakan suatu kejadian dan mengelompokkan benda-benda.

Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kognitif anak dan (2) apakah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak TK kelompok A1 di TK PKK Karangsari Kota Blitar.

Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek yang digunakan adalah anak-anak kelompok A1 sebanyak 24 anak pada semester II tahun pelajaran 2012/2013 di TK PKK Karangsari Kota Blitar. Teknik analisis data digunakan untuk menguji hipotesis tindakan yaitu dengan menggunakan nilai prosentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran. Pada pra tindakan sering terjadi anak merasa bosan ketika pembelajaran. Hal ini disebabkan metode yang guru terapkan kurang menarik bagi anak. Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran melalui metode eksperimen, anak sangat senang dan antusias. Selain itu, hasil belajar anak dalam kemampuan kognitif dinyatakan sangat baik dan meningkat. Pada siklus I prosentase ketuntasan kelas mencapai 70,8% dan pada siklus II meningkat 29,2% menjadi 100%.

Saran yang diajukan dari peneliti bagi kepala sekolah dan guru supaya menerapkan pembelajaran dengan metode eksperimen untuk meningkatkan kognitif dalam kegiatan pembelajaran anak di taman kanak-kanak. Selain itu, bagi peneliti lanjutan supaya menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran tidak hanya bidang kemampuan kognitif saja, melainkan semua bidang kemampuan anak.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Penerapan permainan geometri untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di RA. Nahdlatus Shibyan Puspo Pasuruan / Khoiriyah


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.