Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan media geo-serbu untuk meningkatkan kemampuan kogniotif anak kelomp[ok A di TK PKK Karangsari Kota Blitar oleh Betha Yanuarti
PenulisYanuarti, Betha
Pembimbing1. Kentar Budhojo ; 2. Suryadi
Penerbitan2013, S1 Program Studi PG PAUD.
Subyek1. ANAK ( TAMAN KANAK - KANAK ) - KOGNITIF, KEMAMPUAN
LabelRs 372.218019 YAN p
Abstrak

Kata Kunci: media geo-serbu, kemampuan kognitif, anak kelompok A

Kemampuan kognitif di TK PKK Karangsari masih tergolong rendah terutama dalam pengenalan bentuk-bentuk geometri. Hal ini dikarenakan masih banyak guru yang belum mampu memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak. Pembelajaran masih terpusat pada guru, sehingga anak kurang aktif dalam pembelajaran. Suasana belajar yang monoton tanpa penggunaan media membuat anak bosan belajar di dalam kelas. Hasil observasi menunjukkan 7 dari 21 anak yang mampu mengelompokkan benda sejenis, menunjukkan benda menurut ciri-ciri tertentu, menyebutkan benda di sekitar anak menurut bentuk. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan kegiatan perbaikan dengan menggunakan media Geo-Serbu.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimana penggunaan media Geo-Serbu dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A di TK PKK Karangsari Kota Blitar, (2) apakah penggunaan media Geo-Serbu dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok A di TK PKK Karangsari Kota Blitar.

Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa instrumen observasi, catatan lapangan, dan foto.

Berdasarkan hasil analisis data nilai klasikal anak menunjukkan bahwa pelaksanaan penggunaan media Geo-Serbu dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK PKK Karangsari Kota Blitar. Berdasarkan observasi pra tindakan anak kurang konsentrasi dalam belajar karena penggunaan media yang masih minim, sehingga anak mudah bosan. Setelah diadakan tindakan perbaikan menggunakan media Geo-Serbu anak lebih konsentrasi pada pembelajaran dan anak sangat antusias. Hasil ketuntasan klasikal anak pada siklus I 61,90% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Geo-Serbu dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A TK PKK Karagsari kota Blitar. Sehingga disarankan untuk kepala sekolah supaya melengkapi sarana dan prasarana seperti media Geo-Serbu meningkatkan kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-kanak.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A1 di TK Dharma Wanita Gandusari Kec. Gandusari Kab. Blitar / Retno Dewi Nawangsari
2Bermain "Putar Karpet Warna" untuk meningkatkan kognitif dalam penguasaan konsep bentuk, warna dan bilangan pada kelompok A di TK Anandav Ngaglik Kota Batu / Yeny Ludiana


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.