Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan kolaborasi model pembelajaran make-a-match dan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memberikan pelayanan pada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK 3 di SMK Widya Dharma Turen) oleh Nich
PenulisWulansari, Nichaza Rista
Pembimbing1. wahju Wibowo ; 2. Heny Kusdiyanti
Penerbitan2013, S1 Program Studi Administrasi Perkantoran.
Subyek1. PELAYANAN PADA PELANGGAN - PRESTASI BELAJAR
2. PELAYANAN PADA PELANGGAN - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 658.812076 WUL p
Abstrak

Kata Kunci: kolaborasi model pembelajaran make a-match dan picture and picture, aktivitas belajar, hasil belajar



     Kolaborasi model pembelajaran Make A-Match dan Picture And Picture merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menggunakan media gambar, kartu soal, dan kartu jawaban. Model pembelajaran Make A-Match atau mencari pasangan adalah bentuk pembelajaran dimana setiap siswa memegang kartu soal atau kartu jawaban dan siswa tersebut akan mencari pasangan dari kartu yang dipegangnya dengan batas waktu yang ditentukan. Model pembelajaran Picture And Picture adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan media gambar sebagai penunjang pemahaman siswa dan selanjutnya gambar tersebut akan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan yang logis. Kolaborasi antara keduanya terletak pada kartu soal yang digunakan berupa gambar yang tidak berurutan dan kartu jawaban berupa urutan dari gambar-gambar tersebut.

    Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Tahap yang digunakan meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X APK 3 yang berjumlah 39 siswa.

    Aktivitas belajar siswa yang dinilai dari penelitian ini berupa kemampuan presentasi, keterampilan berkomunikasi dalam kelompok, dan kemampuan siswa berpendapat. Hasil belajar siswa diperoleh dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar siswa ranah kognitif didapat dari nilai post test yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Hasil belajar siswa ranah afektif dan psikomotor diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa.

    Kesimpulan dari penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran Make A-Match dan Picture And Picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dibuktikan dari nilai rata-rata keberhasilan tindakan peneliti pada setiap siklusnya dan dari meningkatnya jumlah siswa yang tuntas sesuai nilai KKM setelah diterapkannya kolaborasi model pembelajaran tersebut.

    Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan peneliti memberikan saran yaitu penerapan kolaborasi model pembelajaran Make A-Match dan Picture And Picture dapat dijadikan alternatif oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk membantu memecahkan masalah belajar siswa.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Penerapan metode role playing berdasarkan pengamatan lapangan untuk meningkatkan hasil belajar memberikan pelayanan kepada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK SMK Widya Dharma Turen Kabupaten Malang) / Dio Elok Arista
2Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran memberikan pelayanan pada pelanggan (studi pada siswa tingkat X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Reynata Anggi Priambodo


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.