Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulMeningkatkan kemampuan estimasi rounding terhadap penjumlahan melalui pembelajaran berbantuan kartu dan garis bilangan pada siswa kelas VB SDN 2 Taman Sari Lombok Barat oleh Yuni Mariyati
PenulisMariyati, Yuni
Pembimbing1. Gatot Muhsetyo ; 2. Sri Mulyati
Penerbitan2013, S2 Program Studi Pendidikan Dasar.
Subyek1. ARITMATIKA ( PENDIDIKAN DASAR ) - PRESTASI BELAJAR
2. ARITMATIKA ( PENDIDIKAN DASAR ) - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRt 372.72044 MAR m
Abstrak

Kata kunci:Kemampuan,Estimasi Rounding, Penjumlahan, Kartu,GarisBilangan



Pentingnya matematika dalam berbagai aspek kehidupan menuntut pembelajaran matematika yang lebih baik dan sesuai dengan kehidupan nyata. Berkenaan dengan perhitungan, menaksir (estimasi)lebih seringdigunakanpada kehidupan sehari-hari dibandingdenganperhitungan eksak. Sehinggapembelajarantentangestimasiperludiberikankepadasiswauntukmeningkatkankemampuanestimasisiswadalammenghadapikehidupansehari-hari.Walaupun menaksirlebihmendominasidalampenggunaannya, namun menaksir (estimasi) belum tertera dengan jelas dalam kurikulum matematika sekolah dasar.Olehkarenaitu guru belummemperkenalkansecaraekplisitdalamkegiatanpembelajaranmatematika. Dari hasiltesawaldiperolehsebagianbesarsiswabelumdapatmenaksir (estimasi) denganbaik.

Penelitian dilaksanakan untuk mengkajipeningkatankemampuanestimasiroundingsiswamelaluipembelajaranberbantuankartudangarisbilangandan untuk mendeskripsikan penerapanpembelajaranberbantuankartudangarisbilangan yang dapatmeningkatkankemampuanestimasiroundingsiswakelas VB SDN 2 Taman Sari Lombok Barat

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Dalam hal ini, peneliti berperan sebagai pemberi tindakan, instrumen kunci, pelapor hasil penelitian, dan pewawancara terhadap subjek penelitian. Data penelitian ini berupa hasil kajian dari jawaban tes siswa dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan lembar observasi kegiatan siswa, catatanlapangan, lembar observasi kegiatan guru, pedoman penskoran soal tes, dan pedoman wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan pembelajaran berbantuankartudangarisbilangan yang dapatmeningkatkankemampuanestimasi rounding terdiridari 5tahapyaitu(1) mengamatikartudangarisbilangan, (2) menuliskanalasanestimasipadakartu,(3) menampilkankartu yang berisihasilestimasi,(4)mebandingkanhasilestimasipembulatan, (5)mempresentasikanalasandengankartu. Selanjutnya, adapun tahap-tahap pemberian alasan dalam melakukan estimasi yang mengukurpeningkatankemampuanestimasisiswaadalah sebagai berikut :(1) mengidentifikasi hasilpembulatansetiapbilangan, (2) menjumlahkanhasilpembulatansetiapbilangan, dan (3) siswa menyesuaikanhasilpenjumlahandenganduapilihanjawabanyang telahdisediakan.

Kriteria keberhasilan yang ditetapkan peneliti telah tercapai pada siklus II yaitu persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep, prosedur, dan kalkulasi di atas 60% dan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sudah di atas 80%. Secara lebih rinci persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep, kalkulasi, dan prosedur adalah sebagai berikut (1) persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep adalah sebesar 76%, (2) persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan prosedur sebesar 70%, dan (3) persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan kalkulasi sebesar 94% serta (4) persentase siswa yang sudah mencapai KKM adalah sebesar 87%.

Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankankepada guru matematika SD agar menaksir (estimasi) diperkenalkanlebihbanyakdalamsetiapkesempatan yang ada. Untukmeningkatkankemampuanmenaksir (estimasi) salahsatualternatif yang dapatdilakukanmengarahkansiswauntukmelakukanestimasidenganmenggunakan media kartudangarisbilanganpadaoperasipengurangan, perkaliandanpembagianpadabilanganaslimaupunbilangandesimaldenganmenggunakantekhnikestimasi yang lain seperti round 5 Up dan compatible number.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Pendekatan discovery untuk meningkatkan kemampuan menemukan rumus luas bangun datar segiempat siswa kelas V SDN Jenggolo 02 Kepanjen Kabupaten Malang / Pipit Kesuma Sugiarti


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.