Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan strategi SQ3R untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V SDN Penanggungan Malang oleh Norry H.Y. Wullur
PenulisWullur, Norry H.Y.
Pembimbing1. Widodo HS. ; 2. Heri Suwignyo
Penerbitan2013, S2 Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas.
Subyek1. MEMBACA ( PENDIDIKAN DASAR ) - PRESTASI BELAJAR
2. MEMBACA ( PENDIDIKAN DASAR ) - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRt 372.414 WUL p
Abstrak

Kata Kunci: strategi SQ3R, hasil belajar membaca pemahaman.



Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan, pelaksanaan pembelajaran membaca kelas V SD Negeri Penanggungan Malang menunjukkan gejala sebagai berikut, guru mengalami kesulitan mengajar karena cenderung menggunakan pola tradisional, Sarana pembelajaran membaca berupa buku-buku bacaan kurang memadai akibatnya ketika siswa menemukan kata-kata yang belum diketahui artinya mereka tidak dapat mencarinya di kamus atau di buku-buku lain, Siswa kurang aktif berpikir, interaksi antara siswa dan media bacaan kurang terjalin sehingga siswa mendapat hambatan dalam memahami isi bacaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi SQ3R di SD Negeri Penanggungan Malang? dan (2) Bagaimana hasil pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Penanggungan Malang dengan menggunakan strategi SQ3R?

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri penanggungan Malang Kecamatan Klojen Kota Malang yang berjumlah 38 siswa. teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, rekaman foto, tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan strategi SQ3R untuk pembelajaran membaca pemahaman berlangsung dengan baik, sesuai dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang ada pada strategi SQ3R (survey, Question, Read, Recite, Review). Langkah-langkah tersebut membantu siswa dalam proses pembelajaran baik pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Strategi tersebut, memotivasi siswa dalam penerimaan materi, membantu siswa memahami isi cerita dengan mensurvei dan menyusun pertanyaan, siswa memahami isi cerita melalui membaca, siswa berani menceritakan kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri, siswa mengeluarkan pendapat dengan meninjau dan mengomentari isi cerita. (2) penggunaan strategi SQ3R pada pembelajaran membaca pemahaman, terbukti meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklus yakni, nilai rata-rata siklus I 59.47, pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 72.89, dan pada siklus III meningkat menjadi 87.76.










P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.