Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran finger painting untuk meningkatkan kemampuan motorik halus Kelompok Bermain (KB) Katolik Maria Fatima Garum Kab. Blitar oleh Dyah Restu Resmi
PenulisResmi, Dyah Restu
Pembimbing1. H. Hadi Mustofa ; 2. Retno Tri Wulandari
Penerbitan2013, S1 Program Studi PG PAUD.
Subyek1. MOTORIK HALUS ( PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ) - KEMAMPUAN
LabelRs 372.218019 RES p
Abstrak

Kata Kunci: pembelajaran, finger painting, kemampuan motorik halus



Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan motorik halus anak diduga guru kurang siap, kreatif dan telaten dalam proses belajar mengajar, usia anak yang masih 2,5 dan 4 tahun. Anak belum memiliki ketangkasan untuk menguasai benda-benda kecil, dan kurang tersedianya Alat Permainan Edukatif (APE) yang menarik perhatian anak.

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran Finger Painting dalam meningkatkan kemampuan motorik halus. (2) mendeskripsikan Finger Painting dapat meningkatkan motorik halus kelompok bermain (KB) Katolik Maria Fatima Garum Kab. Blitar.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan tindakan kelas (PTK) model siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek peneliti dalam PTK ini adalah anak kelompok bermain dengan jumlah anak 8, yaitu 3 anak perempuan dan 5 anak laki – laki.

Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Hasil penelitian siklus pertama skor rata – rata kemampuan anak adalah 55.25 dengan persentase anak tuntas 37.5%. Dan pada siklus II skor rata – rata kemampuan anak adalah 87.5 dengan persentase anak tuntas meningkat menjadi 100%.

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran “Finger Painting” meningkatkan motorik halus kelompok bermain (KB) Katolik Maria Fatima kecamatan Garum kabupaten Blitar. Disarankan agar Guru dapat menerapkan pembelajaran “ Finger Painting “ dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan motorik halus anak dan bekerja sama dengan wali murid atau orang tua untuk menstimulasi anak dirumah sehingga motorik halus anak dapat meningkat dengan maksimal.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.