Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulUpaya meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya berjalan di udara menggunakan metode bermain pada siswa kelas X-A SMA Negeri 1 Gondanglegi Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang oleh Febri Hariyanto
PenulisHariyanto, Febri
Pembimbing1. Tatok Sugiarto ; 2. Mu'arifin
Penerbitan2013, S1 Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
Subyek1. LOMPAT JAUH - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 796.43207 HAR u
Abstrak

Hariyanto, Febri. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara Menggunakan Metode Bermain Pada Siswa Kelas X-A Sma Negeri 1 Gondanglegi Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd. (II) Drs. Mu’arifin, M.Pd.

Kata Kunci: PTK, metode bermain,lompat jauh gaya berjalan di udara



    Pendidikan jasmani merupakan bagian pendidikan secara umum yang mengutamakan aktivitas gerak sebagai media dalam pembelajaran. Pendidikan jasmani mempunyai peran penting untuk meningkatkan kualitas manusia.

    Begitu juga dengan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, banyak sekali variasi-variasi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang dapat diterapkan sehingga pembelajaran menjadi menarik. Tetapi kenyataan di lapangan banyak dijumpai pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan mengalami kesulitan dalm mengaplikasikan materi pembelajaran, hal tersebut disebabkan oleh metode yang kurang tepat sehingga pembelajaran menjadi tidak menarik, dimana materi yang akan diajarkan memang tidak disukai oleh siswa maka proses pembelajaran menjadi tidak efektif.

    Dengan permasalahan tersebut diharapkan penerapan Metode bermain bisa memberikan motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran karena dalam metode bermain terdapat variasi-variasi permainan yang membuat siswa menjadi tidak jenuh dengan materi yang diajarkan, sehingga dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya berjalan di udara.

    Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatan keterampilan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dengan materi lompat jauh gaya berjalan di udara setelah dilaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan penerapan metode bermain diharapkan terjadi peningktan pula dalam penguasaan materi lompat jauh gaya berjalan di udara.

    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan menggunakan metode bermain. Siklus I pada Pertemuan ke-1 Sabtu, 20 April 2013, Pertemuan ke-2 Sabtu, 27 April 2013 dan Pertemuan ke-3 Sabtu, 04 Mei 2013 sedangkan untuk siklus II pada pertemuan ke-1 Sabtu, 11 Mei 2013 dan siklus II pada pertemuan ke-2 Sabtu, 18 Mei 2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gondanglegi Kelas X-A dengan 27 siswa yang terdiri 11 siswa putra dan 16 siswa putri.

Hasil penelitian penerapan metode bermain terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya berjalan di udara dengan data tingkat keberhasilan pembelajaran sebesar siklus I pertemuan ke-1 (61,85%), pertemuan ke-2 (74,44%), pertemuan ke-3 (78,70%), untuk siklus II pertemuan ke-1 (88,88%) dan pertemuan ke-2 (95,12%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan penerapan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya berjalan di udara sehingga dengan meningkatnya keterampilan lompat jauh gaya berjalan di udara diharapkan dapat meningkat pula penguasaan materi pembelajaran lompat jauh gaya berjalan di udara.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas