Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model belajar diskusi panel untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Brawijaya Smart School (BSS) (penelitian tindakan kelas di kelas XI IPS Dua) oleh Moh. Farih Fahmi
PenulisFahmi, Moh. Farih
Pembimbing1. Bambang Pranowo ; 2. Farida Rahmawati
Penerbitan2013, S1 Program Studi Pendidikan Ekonomi.
Subyek1. SEKOLAH MENENGAH ATAS - MODEL PEMBELAJARAN
2. SEKOLAH MENENGAH ATAS - PRESTASI BELAJAR
LabelRs 371.37 FAH p
Abstrak

Fahmi, Moh Farih. 2013. Penerapan Model Belajar Diskusi Panel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Brawijaya Smart School (BSS). (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas XI IPS dua) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Bambang Pranowo, SE, AK, M.Pd, (2) Farida Rahmawati, SE, ME.

Kata Kunci: Diskusi Panel, Hasil Belajar

Peneliti beserta observer pada awal pengamatan, menemukan beberpa hal yang terjadi di kelas XI IPS dua SMA BSS, bahwa siswa cenderung pasif dan hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan tingkat keaktifan siswa kurang maksimal. Siswa yang memenuhi SKM pada ranah kognitif berjumlah lima siswa, ranah afektif delapan siswa dan siswa yang aktif hanya enam siswa. Pada penelitian ini terdapat masalah yang perlu diberikan solusi. Sehingga perlu diterapkan model diskusi panel. Data yang ingin didapatkan adalah data tentang bagaimana proses diterapkannya model diskusi panel, bagaimana perilaku siswa saat diterapkannya model belajar diskusi panel dan bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya model belajar diskusi panel.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengatasi masalah yang ditemukan pada pengamatan awal. Masalah ini ditemukan di kelas XI IPS dua SMA BSS. Sehingga model belajar diskusi panel diharapkan mampu mengatasi masalah yang ada di kelas XI IPS dua SMA BSS, sehingga penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam mengatasi maslah yang terjadi dengan model diskusi panel.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti ingin memahami fenomena dari sudut pandang partisipan dan objek penelitian sehingga dapat mengatasi masalah yang ditemukan oleh peneliti saat observasi awal di kelas XI IPS dua SMA BSS, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, karena dalam penelitian ini bertujuan mengumpulkan data terkait kemampuan kognitif, afektif dan tingkat keaktifan siswa. Teknik yang pertama yaitu, teknik dengan observasi dan yang kedua menggunakan teknik penugasan atau post test.

Hasil belajar siswa ranah kognitif saat penerapan model pembelajaran diskusi panel di Kelas XI IPS dua SMA BSS berjalan sesuai degan rencana. Guru yang juga sebagai peneliti memerankan tugasnya dengan baik. Perilaku siswa kelas XI IPS dua SMA BSS terlihat antusias dan partisipatif. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif bahwa jumlah siswa yang memenuhi SKM sebanyak 15 siswa dengan nilai rata-rata sebesar 77,2 dan pada pelaksanaan siklus dua rata-rata berjumlah 20,5 siswa dengan nilai rata-rata sebesar 77,7, sedangkan ranah afektif pada siklus satu rata-rata berjumlah 14 siswa dengan nilai rata-rata 78,8 dan hasil selama siklus dua siswa yang mencapai SKM berjumlah 19 siswa dengan nilai rata-rata 82, 7. Hasil penilaian ranah psikomotor atau keaktifan siswa menunjukkan hasil yang meningkat. Pada siklus satu siswa yang mencapai SKM penilaian keaktifan berjumlah 12, 5 siswa dengan rata-rata nilai sebesar 78,5 dan pada siklus dua siswa yang mencapai SKM rata-rata berjumlah 19 siswa dengan nilai rata-rata 79,3.

Dari hasil penelitian selama pelaksanaan siklus satu dan dua dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa meningkat selama pelaksanaan siklus satu dan siklus dua. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa penerapan model belajar diskusi panel berjalan sesuai rencana dan mampu mengatasi masalah yang ditemukan di SMA BSS kelas XI IPS dua pada saat observasi awal sebelum pelaksanaan penelitian.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Penerapan model pembelajaran PASA ( Pictures and Student Active) dalam perspektif CTL untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kademangan / Hendik Wahyudi
2Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu Teams Games Tournament melalui lesson study untuk meningkatkan keterampilan proses, motivasi, dan hasil belajar siswa kelas X MIA 3 SMAN 3 Malang / Diana Hesti Pramitasari
3Penerapan pembelajaran problem creating untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPA.7 SMAN 1 Kota Bima / Abdul Muis


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.