Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPembelajaran Montessori untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok A di TK Tanwirul Hijja Bangil oleh Nurul Mustika Jannah
PenulisJannah, Nurul Mustika
Pembimbing1. Abdul Huda ; 2. Pramono
Penerbitan2014, S1 Program Studi PAUD.
Subyek1. BAHASA INDONESIA (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRs 372.6599221 JAN p
Abstrak

Jannah, Nurul Mustika. 2014 . Pembelajaran Montessori untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok A di TK Tanwirul Hijja Bangil. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing :

(1) Drs Abdul Huda, M.Pd, (2) Pramono, S. Pd, M.Or



Kata kunci: Pembelajaran Montessori,Perkembangan Bahasa, Anak kelompok A.

    Kemampuan membaca anak kelompok A TK Tanwirul Hijja Bangil masih tergolong kurang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti terdapat 14,28 % ( 2 dari 14 anak ) yang mampu membaca dengan lancar dan 85,71 ( 12 dari 14 anak) mengalami kesulitan membaca. Keadaan ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran anak yang kurang menarik tanpa adanya inovasi, media yang digunakan kurang, dan untuk itu perlu dirancang pembelajaran Monstessori agar perkembangan bahasa anak meningkat.

    Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana kemampuan bahasa di TK Tanwirul hijja sebelum diterapkan pembelajaran Montessori 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Montessori di TK Tanwirul hijja yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa 3) Bagaimana peningkatan kemampuan bahasa setelah menggunakan pembelajaran Montessori.

    Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Tanwirul Hijja Bangil. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi kegiatan anak dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengamatan yang dilkukan oleh peneliti di TK Tanwirul Hijja ditemukan perkembangan bahasa dalam hal membaca dan menulis masih belum berkembang dengan maksimal. alternatif yang digunakan yaitu dengan menggunakan pembelajaran yang dilakukan oleh Montessori. (2) Pembelajaran Montessori, yaitu membebaskan anak memilih kegiatan yang akan dilakukan. Media yang digunakan dirancang khusus untuk menunjang belajar anak. Masing-masing anak bergantian menggunakan media. (3) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan bahasa anak yaitu pada pra tindakan hanya 14,28 % meningkat 21,43 % pada siklus I mencapai 35,71% dengan katagori belum berhasil, sehingga didakan perbaikan - perbaikan pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 50 % sehingga keberhasilan peningkatan perkembangan bahasa dalam membaca mencapai 85.71% dengan katagori sangat berhasil.

Diharapkan guru dapat memberikan pembelajaran Montessori dengan menyediakan berbagi media yang bervariasi dan menarik bagi anak. Selain itu, dengan pembalajaran Montessori dapat digunakan sebagai salasatu alternatif.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.