Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulMeningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran accelerated learning (studi pada siswa kelas VI SDN Sungai Mingai 7 Banjarmasin) oleh Nurkhozin
PenulisNurkhozin
Pembimbing1. Sudarmiatin ; 2. Ahmad Suriansyah
Penerbitan2014, S2 Program Studi Pendidikan Dasar .
Subyek1. PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PENDIDIKAN DASAR) PRESTASI BELAJAR
2. PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PENDIDIKAN DASAR) MODEL PEMBELAJARAN
LabelRt 372.832044 NUR m
Abstrak

Nurkhozin. NIM. 112103540131. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran PKn Di SDN SN Sungai Miai 7 Banjarmasin Utara Melalui Metode Pembelajaran Accelerated Learning. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si., (2) Ahmad Suriansyah, M.Pd. Ph.D.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Accelerated Learning, Hasil Belajar.

   Inovasi dalam pembelajaran diperlukan untuk memotivasi siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar PKn. Keadaan ini hendaknya segera direspon secara positif oleh guru dengan mencari alternatif model pembelajaran yang efektif sehingga dapat membuat siswa mudah memahami materi pelajaran PKn dan aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar salah satunya adalah model pembelajaran Accelerated Learning.

   Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah penelitian berikut (1) Bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model accelerated learning pada mata pelajaran PKn di kelas VI SDN Sungai Miai 7? (2) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa setelah penerapan model accelerated learning pada mata pelajaran PKn untuk siswa kelas VI SDN Sungai Miai 7? (3) Bagaimana respon siswa terhadap penerapan model accelerated learning pada mata pelajaran PKn untuk siswa kelas VI di SDN Sungai Miai 7?

   Peneliti telah melakukan sebuah penelitian dengan metode penelitian tindakan kelas kepada siswa kelas VI SDN SN Sungai Miai 7 Banjarmasin Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan.

   Selama melakukan siklus tindakan, dari siklus pertama dan siklus kedua terlihat bahwa dalam setiap pertemuan adanya peningkatan dari pertemuan sebelumnya. Dalam siklus satu pertemuan pertama hasil belajar siswa keseluruhan dalam persentase mencapai 33,3 %. Dalam pertemuan kedua siklus pertama meningkat menjadi 47,2%. Dalam siklus kedua pertemuan pertama hasil belajar siswa meningkat menjadi 75% dan pada pertemuan kedua mencapai persentase 100%. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan yang diberikan oleh peneliti yaitu pengkondisian siswa dalam model pembelajaran Accelerated Learning memberikan dampak positif dalam hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa adanya dampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa, maka dapat dikatakan penelitian tindakan kelas ini berhasil.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada Guru di Sekolah Dasar untuk dapat menerapkan pendekatan pembelajaran yang dapat memacu keaktifan siswa sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Accelerated learning.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.