Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran problem based learning melalui pendekatan CTL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA (studi pada siswa kelas V SDN Pengembangan 6 Banjarmasin) oleh Dede Dewantara
PenulisDewantara, Dede
Pembimbing1. Anang Santoso ; 2. Rustam Effendi
Penerbitan2014, S2 Program Studi Pendidikan Dasar .
Subyek1. SAINS (PENDIDIKAN DASAR) MODEL PEMBELAJARAN
LabelRt 372.357044 DEW p
Abstrak

Dewantara, Dede. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA (Studi pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 6 Banjarmasin). Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Konsentrasi Guru Kelas, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd. (2) Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd, Ph.D.

Kata kunci: Model Pembelajaran PBL, Pendekatan CTL, Aktivitas, Hasil Belajar dan IPA

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model PBL dipadukan dengan pendekatan CTL yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 (tiga) kali pertemuan atau 6 x 35 menit. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pengambangan 6 yang berjumlah 20 orang. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tertulis, lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model PBL yang dipadukan dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar dan mendorong semangat siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. siswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru melalui proses melihat, mendengar, diskusi, dan kerja kelompok. Indikator keberhasilan yaitu dengan meningkatnya kesiapan siswa mengikuti pelajaran, motivasi siswa meningkat, aktif bertanya, berusaha memecahkan masalah, terjalinnya kerjasama yang baik, penuh rasa percaya diri, berani mengeluarkan pendapat dan bertanggung jawab. Aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus II selalu menunjukkan peningkatan dengan indikasi semakin banyak siswa melakukan aktivitas seperti yang disebutkan pada indikator yang ditentukan.. Pada evaluasi siklus I sebanyak 60% atau 12 dari 20 siswa berhasil mendapatkan nilai sama atau diatas kriteria ketuntasan minimum dengan rentang nilai 70 s/d 100 dengan nilai rata-rata sebesar 69. Pada siklus II, hasil belajar mencapai 85% atau 17 dari 20 siswa berhasil memperoleh nilai 70 s/d 100 dengan nilai rata-rata sebesar 82.

    Berdasarkan data di atas, maka disimpulkan bahwa penerapan model PBL melalui pendekatan CTL di kelas V SDN Pengambangan 6 mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Disarankan untuk diadakannya penelitian lanjutan dengan langkah-langkah: (1) memberikan petunjuk permasalahan yang dihadapi secara jelas, (2) menanamkan keterampilan sosial dalam kegiatan pembelajaran sehingga aktivitas siswa dapat meningkat, (3) meningkatkan efektivitas kerjasama dalam rangka membantu pemahaman siswa terhadap materi pengajaran sehingga diperoleh hasil belajar maksimal (4) Guru-guru di Sekolah Dasar hendaknya mencoba menerapkan model pembelajaran PBL melalui pendekatan CTL (5) Peneliti lain hendaknya memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan informasi ilmiah tentang model pembelajaran PBL melalui pendekatan CTL


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.