Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dengan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia aspek berbicara (studi pada siswa kelas IV SDNI Wutik, Kec. Koting, Kab. Sikka) oleh Geryani Suryo Moang Kala
PenulisKala, Geryani Suryo Moang
Pembimbing1. Anang Santoso ; 2. Utami Widiati
Penerbitan2014, S2 Program Studi Pendidikan Dasar .
Subyek1. BAHASA INDONESIA (PENDIDIKAN DASAR) MODEL PEMBELAJARAN
2. BAHASA INDONESIA (PENDIDIKAN DASAR) PRESTASI BELAJAR
LabelRt 372.6599221 KAL p
Abstrak

Suryo Moang Kala, Geryani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Berbicara ( Studi pada Siswa Kelas IV SDNI Wutik, Kecamatan Koting, Kabupaten Sikka). Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd (II) Prof. Hj Utami Widiati, M.A., Ph.D

Kata Kunci : student teams achievement division, media gambar, aktivitas belajar, hasil belajar

    Pembelajaran Bahasa Indonesia aspek berbicara merupakan salah satu pembelajaran yang mengedepankan pencapaian kompetensi berbicara pada siswa. Kompetensi berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa akan sulit dicapai jika pembelajaran yang dilaksanakan tidak berusaha mengatasi masalah yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia aspek berbicara. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tidak tecapainya kompetensi berbicara pada siswa. Pertama, guru menerapkan metode ceramah pada pembelajaran yang tidak memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengkonstruksi pemahamannya terhadap pembelajaran. Kedua, tidak disajikan media pembelajaran yang sederhana dan kontekstual yang dapat membantu siswa mencapai kompetensi yang diinginkan. Ketiga, kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia yang masih rendah pada diri siswa yang selalu menggunakan bahasa daerah dalam kesehariannya baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Hal ini juga terjadi pada sekolah di mana peneliti melakukan penelitian. Kondisi yang demikian menyebabkan aktivitas belajar rendah karena pembelajaran masih berpusat pada guru dengan penyajian media gambar yang tidak inovatif dalam rangka pencapaian kompetensi pada diri siswa yang keserhariannya selalu menggunakan bahasa daerah. Aktivitas belajar yang rendah tersebut berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar yang rendah.

    Setelah mencermati proses pembelajaran dan mengetahui permasalahan yang dihadapi maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division dengan media gambar dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia aspek berbicara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan pada siswa kelas IV SDNI Wutik, Kecamatan Koting, Kabupaten Sikka. Penelitian ini terbatas pada kompetensi dasar menjelaskan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut semester gasal tahun 2013/2014. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa.

    Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia aspek berbicara siswa kelas IV SDNI Wutik, Kecamatan Koting, Kabupaten sikka. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 68,75% meningkat pada siklus II menjadi 100%. Persentase peningktan sebesar 31,25%. Hasil belajar yang diketahui melalui tes pada siklus I hanya 9 siswa yang tuntas dari 16 siswa atau setara dengan 56,25%. Pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 100% karena 16 siswa dinyatakan tuntas. Persentase peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 43,75%.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.