Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenggunaan media manik-manik warna untuk meningkatkan pemahaman Teorema Pythagoras siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang oleh Miftachul Fitri Amanah
PenulisAmanah, Miftachul Fitri
Pembimbing1. Ipung Yuwono ; 2. Gatot Muhsetyo
Penerbitan2014, S2 Program Studi Pendidikan Dasar .
Subyek1. TEOREMA PYTHAGORAS - MEDIA PEMBELAJARAN
LabelRt 516.22078 AMA p
Abstrak

Fitri Amanah, Miftachul. 2014. Penggunaan Media Manik-Manik Warna untuk Meningkatkan Pemahaman Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono, M.S, M.Sc, (II) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc.



Kata Kunci: Media manik-manik warna, pemahaman konsep, teorema Pythagoras.



    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan media manik-manik warna untuk meningkatkan pemahaman terhadap teorema Pythagoras siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Dalam hal ini, peneliti berperan sebagai pemberi tindakan, instrumen kunci, pelapor hasil penelitian, dan pewawancara terhadap subjek penelitian. Data penelitian ini berupa hasil kajian dari jawaban tes siswa dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, pedoman penskoran soal tes, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan media manik manik warna dapat meningkatkan pemahaman terhadap teorema Pythagoras terdiri dari 6 tahap yaitu: (1) mengisikan manik - manik warna pink ke dalam kotak pink dan mengisikan manik - manik warna biru ke dalam kotak biru dengan tepat tanpa tumpang tindih dan juga tanpa ada ruang kosong, (2) menghitung manik-manik warna pink dan manik-manik warna pink kemudian mencatatkan pada kolom yang disediakan, (3) membuka skat antar kotak dan semua manik-manik dipindahkan ke kotak ungu, dan (4) megamati apakah semua manik-manik mengisi tepat dikotak ungu, (5) mencatat jumlah manik-manik warna yang ada dikotak ungu, (6) menyimpulkan hasil percobaan dengan manik-manik warna sehingga memperoleh teorema Pythagoras. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan peneliti telah tercapai pada siklus II yaitu persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep, prosedur, dan kalkulasi di atas 65% dan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sudah di atas 96,67%.

    


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.