Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika (studi pada siswa kelas IV SDN Cilumber Kab. Bandung Barat) oleh Chries Firda Yudhistira
PenulisYudhistira, Chries Firda
Pembimbing1. Hj. Utami Widiati ; 2. Subanji
Penerbitan2015, S2 Program Studi Pendidikan Dasar .
Subyek1. MATEMATIK (PENDIDIKAN DASAR) -,PRESTASI BELAJAR
2. MATEMATIKA (PENDIDIAN DASAR) - MODEL PEMBELAJARAN
LabelRt 372.7044 YUD p
Abstrak

Yudhistira, Chries Firda. 2015. Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Studi pada Siswa Kelas IV SDN Cilumber Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Hj. Utami Widiati, M.A., Ph.D (II) Dr. Subanji, M.Si

Kata Kunci : Realistic Mathematic Education (RME), media manipulatif, aktivitas, hasil belajar



Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas IV SDN Cilumber ditemukan kondisi tentang kesulitan siswa mengonstruksi konsep pecahan. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran di kelas masih didominasi oleh guru, sehingga siswa pasif dalam belajar. Kurangnya penggunaan media sebagai alat bantu pembelajaran dianggap sebagai salah satu dampak rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika. Permasalahan ini diatasi dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengonstruksi sendiri matematisasi pengetahuan yang telah dimiliki melalui pendekatan RME berbantuan media manipulatif. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pendekatan RME berbantuan media manipulatif yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Cilumber.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses PTK dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilakukan sebanyak tiga pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cilumber Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, dengan subyek penelitian 32 siswa kelas IV tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data diperoleh dari rekap praktik pembelajaran, observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan, dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan RME berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Cilumber. Aktivitas siswa pada siklus I masih pada kriteria kurang aktif, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi kriteria aktif. Sementara untuk hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan 25 siswa tuntas belajar, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 28 siswa tuntas belajar. Berdasarkan hasil penellitian ini, dapat disimpulkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa terjadi karena penerapan pendekatan RME berbantuan media manipulatif dengan tahapan: (1) memahami masalah kontektual, (2) menyelesaikan masalah kontekstual dengan bantuan media manipulatif, (3) mendiskusikan dan membandingkan jawaban, dan (4) Menyimpulkan. Keempat tahapan ini aplikasikan pada kegiatan inti pembelajaran.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.