Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPerpaduan penerapan model think pair share dengan mind mapping berbasis lesson study untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X AK 3 di SMK Negeri 1 Pasuruan semester genap tahun ajaran 2015 oleh 2016 oleh Widya Rahmaniar
PenulisRahmaniar, Widya
Pembimbing1. Hj. Lisa Rokhmani ; 2. Agung Haryono
Penerbitan2016, S1 Program Studi Pendidikan Ekonomi.
Subyek1. EKONOMI - PRESTASI BELAJAR
2. ECONOMICS - STUDY AND TEACHING
LabelRs 330.076 RAH p
Abstrak

ABSTRAK



Rahmaniar, Widya. 2016. Perpaduan Penerapan Model Think Pair Share Dengan Mind Mapping Berbasis Lesson Study Untuk Meningkakan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis Kelas X AK 3 Di SMK Negeri 1 Pasuruan Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj Lisa Rokhmani, M.Si, (II) Dr. Agung Haryono, S.E, M.P., A.k.



Kata Kunci: Think Pair Share, Mind Mapping, Lesson Study, Hasil Belajar

Siswa



Upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan cara memperbaiki kurikulum yang ada, dengan dilaksanakannya kurikulum 2013 tidak serta merta menjadikan proses belajar mengajar berhasil. Adapun pemikiran lama bahwasannya keterlaksanaan kurikulum tergantung pada guru yang berperan sebagai perencana proses pembelajaran dan memunculkan pemahaman bahwa guru sebagai faktor penentu keberhasilan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan guru sebagai center of learning. Pada dasarnya keterlaksanaan kurikulum 2013 tergantung pada proses pembelajaran yang ada di kelas antara guru dan siswa, serta yang menjadi sasaran utama adalah proses pembelajaran siswa. Adanya penerapan strategi yang tepat, efektif, dan efisien serta menyenangkan dapat memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Jika pembelajaran di kelas antara guru dan siswa dilakukan dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan maka dapat terwujud keberhasilan pembelajaran di kelas yang dapat mendorong keberhasilan keterlakasanaan kurikulum 2013. Faktanya di SMK Negeri 1 Pasuruan ditemui beberapa permasalahan yang menyebabkan kurang berhasilnya proses pembelajaran di kelas khususnya di kelas X AK 3 pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis, dimana proses pembelajaran yang berlangsung masih konvensional, monoton, dan metode mengajar guru kurang bervariasi. Guru hanya menerapkan ceramah pada tiap pertemuan. Hal itu menjadikan siswa bosan, kurang termotivasi dan pasif sehingga mereka tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan menyebabkan hasil belajar siswa rendah sebagian besar dibawah KKM dengan persentase sebesar 64,70%. Siswa merasa kesulitan memahami materi yang disampaikan guru, karena harus mendengarkan, mencatat, memperhatikan dan memahami penjelasan guru dalam satu waktu.

Berdasarkan permasalahan tersebut usaha dan upaya yang harus dilakukan guru yaitu mengkaji proses pembelajaran yang ada dengan menggunakan metode yang tepat dengan sasaran utamanya yaitu proses pembelajaran siswa agar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan tercapai tujuan pembelajaran yaitu dengan perpaduan penerapan model Think Pair Share dengan Mind Mapping berbasis Lesson Study. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis perpaduan penerapan model Think Pair Share dengan Mind Mapping berbasis Lesson Study untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X AK 3 SMKN 1 Pasuruan. (2) Mengetahui penngkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis setelah diterapkan perpaduan model Think Pair Share dengan Mind Mapping di kelas X AK 3 SMKN 1 Pasuruan. (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap perpaduan penerapan model Think Pair Share dengan Mind Mapping berbasis Lesson Study pada mata pelajaran pengantar ekonomi bisnis kelas X AK 3 di SMKN 1 Pasuruan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X AK 3 di SMKN 1 Pasuruan tahun ajaran 2015/2016. Data yang diperoleh berupa hasil belajar ranah kognitif dan afektif siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi lesson study, lembar observasi kegiatan siswa, soal tes, lembar catatan lapangan, lembar penilaian afektif siswa, pedoman wawancara dan angket respon siswa. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X AK 3 pada ranah kognitif dengan persentase siklus I sebesar 71% dan siklus II sebesar 94,12%. Ketuntasan hasil belajar siswa ranah kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 72% dan siklus II sebesar 92%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perpaduan penerapan model Think Pair Share dengan Mind Mapping berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis siswa kelas X AK 3 di SMKN 1 Pasuruan. Adapun saran dalam penelitian ini,yaitu (1) Guru mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis SMKN 1 Pasuruan disarankan untuk mencoba menerapkan perpaduan model Think Pair Share dengan Mind Mapping berbasis Lesson Study agar guru lebih bervariasi dalam memberikan pelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Perpaduan penerapan model Think Pair Share dengan Mind Mapping berbasis Lesson Study dapat dijadikan pertimbangan oleh pihak sekolah untuk memperbaiki proses pembelajaran yang berlangsung dengan dilakukan pembinaan tentang teknik-teknik pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran. (3) Penerapan perpaduan model Think Pair Share dengan Mind Mapping berbasis Lesson Study dapat menjadi masukan untuk peneliti lain untuk melakukan penelitian serupa dengan waktu, subjek dan lokasi penelitian yang berbeda atau sebagai bahan pertimbangan dengan model dan metode yang lain.






P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.