Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulPenerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media kartu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar subtema jenis-jenis pekerjaan siswa kelas IV SD Negeri Beluk Klaten oleh Wahyu Indrastuti
PenulisIndrastuti, Wahyu
Pembimbing1. Sugeng Utaya; 2. Edy Bambang Irawan
Penerbitan2017, S2 Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Kelas.
Subyek1. PENDIDIKAN DASAR - MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK
2. ELEMENTARY SCHOOL TEACHING
LabelRt 372.13 IND p
Abstrak

ABSTRAK



Indrastuti, Wahyu. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Kartu untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Subtema Jenis-Jenis Pekerjaan Siswa Kelas IV SD Negeri Beluk Klaten. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si., (II) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd.



Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, Make A Match, media kartu, aktivitas belajar, hasil belajar.



Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IV SD N Beluk menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa rendah. Sebagian besar siswa hanya mendengarkan dan mengerjakan tugas yang diberikan guru. Hasil studi dokumen nilai ulangan harian siswa subtema Jenis-jenis Pekerjaan juga rendah. Sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu nilai 75. Sebanyak 7 siswa (28%) dari 25 siswa mendapatkan nilai di atas KKM dan 18 siswa (72%) mendapatkan nilai di bawah KKM. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa siswa kelas IV SD N Beluk melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media kartu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Beluk sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan soal tes tertulis. Analisis data penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data non parametrik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media kartu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD N Beluk subtema Jenis-jenis Pekerjaan. Hal ini terlihat dari persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada siklus I sebesar 73,51% dan termasuk kriteria “Baik”. Pada siklus II meningkat menjadi 96,31% dan termasuk kriteria “Sangat Baik”. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 76,10% dan termasuk kriteria “Baik”. Pada siklus II meningkat menjadi 92,24% dan termasuk kriteria “Sangat Baik”. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 72% dengan rata-rata sebesar 74,00. Pada siklus II, Ketuntasan belajar klasikal siswa meningkat menjadi 88% dengan rata-rata sebesar 86,00.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media kartu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD N Beluk subtema Jenis-jenis Pekerjaan. Disarankan guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan media kartu menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sebaiknya guru juga melibatkan siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

Tidak ada.

P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.