Penelitian Tindakan Kelas :: UPT Perpustakaan UM




JudulImplementasi bauran promosi (promotion mix) untuk meningkatkan volume penjualan pada toko sepatu Sportive Malang oleh Nurul Shiela Intan
PenulisIntan, Nurul Shiela
Pembimbing1. Mohammad Hari
Penerbitan2017, S1 Program Studi Manajenen.
Subyek1. MANAJEMEN PENJUALAN
2. SALES MANAGEMENT
LabelRs 658.8 INT i
Abstrak

ABSTRAK



Intan, Nurul Shiela. 2017. Implementasi Bauran Promosi (Promotion Mix) untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Toko Sepatu Sportive Malang Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs Mohammad Hari, M.Si.



Kata Kunci : bauran promosi, volume penjualan, kualitatif, analisis deskriptif

Persaingan bisnis saat ini mendorong perusahaan untuk menggunakan strategi yang dapat mempertahankan maupun meningkatkan eksistensi perusahaan untuk bertahan dalam persaingan. Penggunaan strategi yang tepat pada perusahaan dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah menerapkan strategi pemasaran dalam perusahaan dengan efektif dan efisien untuk meningkatkan penjualan, salah satunya dengan menerapkan bauran promosi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah toko sepatu Sportive Malang melakukan implementasi bauran promosi, dan bagaimana dampaknya terhadap peningkatan volume penjualan setiap bulan, dengan menganalisis implementasi dari bauran promosi yang dilakukan toko sepatu Sportive Malang yaitu yaitu penjualan langsung (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), periklanan (advertising), hubungan masyarakat (public relation), dan pemasaran langsung (direct marketing). Keinginan perusahaan guna meningkatkan eksistensi dan volume penjualan toko sepatu Sportive Malang dengan implementasi bauran promosi untuk meningkatkan volume penjualan.

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi bauran promosi seperti anggaran, siklus hidup produk, produk dan jenis keputusan pembelian, karakteristik target pasar dan kesiapan konsumen untuk membeli, cara apa yang konsumen ingin dicapai, peraturan, pesaing dan faktor lingkungan dan yang terakhir adalah ketersediaan media.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya upaya promosi sebagai alat untuk menginformasikan, mengedukasi dan mendorong konsumen untuk membeli dapat mempengaruhi pembelian saat itu juga maupun hubungan jangka panjang dan menimbulkan kepercayaan konsumen untuk melakukan pembelian berulang. Implementasi bauran promosi dapat memperkenalkan produk dan menstimulasi pembelian sehingga implementasi bauran promosi dapat meningkatkan volume penjualan pada toko sepatu Sportive Malang.

Toko sepatu Sportive Malang telah melakukan beberapa bauran promosi, namun ada beberapa permasalahan dalam implementasi bauran promosi pada toko sepatu Sportive Malang dirasa kurang maksimal dalam melakukan beberapa bauran promosi. Pihak owner (manajemen) disarankan untuk mensinergikan bauran promosi yang dilakukan dengan analisa volume penjualan yang cenderung naik turun yang diakibatkan oleh beberapa faktor.


P.T.K yang memiliki kemiripan dengan diatas

1Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Penjualan di SMK Negeri 1 Bondowoso) / Jefry Aulia Martha
2Penerapan pembelajaran problem based learning pada mata diklat melakukan negosiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Penjualan di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Yusdiana Fatmawati Fitroh


P.T.K yang memiliki keterhubungan dengan diatas


Tidak ada.